SOLOPOS.COM - Pemain klub Liga Belanda SC Heerenveen, Nathan Tjoe-A-On resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) setelah diambil sumpah dan janji pewarganegaraan di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta, Senin (11/3/2024) malam. (pssi.org)

Solopos.com, JAKARTA — Para pencinta Tim Nasional Indonesia tak sabar menanti debut sejumlah pemain keturunan melawan Vietnam dalam laga penting lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 21 Maret mendatang.

Salah satu yang ditunggu adalah Nathan Tjoe-A-On, pemain klub Liga Belanda SC Heerenveen yang resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) setelah diambil sumpah dan janji pewarganegaraan di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta, Senin (11/3/2024) malam.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Beberapa waktu lalu, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sangat berharap Nathan Tjoe yang sebelumnya membela Swansea City bisa menjadi bagian dari skuadnya.

Berikut profil Nathan Tjoe-A-On seperti dikutip Solopos.com dari laman Transfermarkt, Selasa (12/3/2024):

Nathan Tjoe-A-On lahir di Rotterdam, Belanda, pada 22 Desember 2001.

Ia memiliki garis keturunan Indonesia dari kakeknya. Ayah dari ibu Nathan berasal dari Semarang, Jawa Tengah.

Sebelum membela klub di kasta teratas Liga Belanda, SC Heerenveen, Nathan Tjoe membela klub di Inggris, Swansea City.

Di usianya yang menginjak 22 tahun, Nathan Tjoe-A-On memiliki masa depan cerah di Timnas Indonesia.

Berposisi bek tengah, Nathan memiliki tinggi badan 182 cm.

Pemain berkaki kidal ini merupakan jebolan akademi Excelsior Belanda.

Dia sempat masuk tim utama Excelsior sejak 2019. Bersama Excelsior, Nathan tampil 57 kali di berbagai ajang dengan mengemas satu gol dan satu assist.

Khusus di Eredivisie yang merupakan liga teratas Belanda, ia dipercaya turun reguler sebanyak 29 kali.

Pada 13 Agustus lalu Nathan resmi hijrah ke Inggris dengan memperkuat Swansea City yang berkiprah di Divisi Championship (kasta kedua Premier League atau Liga Utama Inggris).

Di klub Inggris itu, Nathan Tjoe-A-On dikontrak senilai 348.000 euro atau sekitar Rp5,7 miliar dengan kontrak tiga tahun hingga 2026 plus opsi perpanjangan satu tahun.

Di tim barunya itu, Nathan baru sekali masuk di skuad utama saat duduk di bangku cadangan kala melawan Bristol City, Sabtu (2/9/2023).

Pada Januari 2024, pemain yang lahir di Rotterdam, Belanda itu dipinjamkan ke SC Heerenveen hingga Juni 2024.

Biodata Nathan Tjoe-A-On

Nama: Nathan Tjoe-A-On.

Lahir: Rotterdam, 22 Desember 2001.

Tinggi: 182 cm.

Posisi: Bek kiri, bek tengah.

Kaki terkuat: kiri.

Karier tim:

Excelsior U-17: 2016-2018.
Excelsior U-19: 2018-2019.
Excelsior: 2019-2023.
Swansea City: 2023-sekarang.

Sumpah WNI

Diberitakan sebelumnya, pemain klub Liga Belanda SC Heerenveen, Nathan Tjoe-A-On, berpeluang menjalani debut bersama Timnas Indonesia versus Vietnam pada laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 babak kedua, Kamis (21/3/2024).



Nathan Tjoe-A-On resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI) setelah diambil sumpah dan janji pewarganegaraan di Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta, Senin (11/3/2024) malam.

Segera setelah menjadi WNI Nathan Tjoe langsung dibuatkan KTP dan paspor dan perpindahan federasi sepak bola dari Belanda ke Indonesia.

“Hari ini Nathan sudah diproses juga untuk mendapatkan paspor dan KTP sebagai WNI. Satu langkah lagi yaitu mengurus perpindahan federasi untuk Nathan bisa membela timnas Indonesia. Terima kasih atas dukungan semua lembaga yg membantu proses berjalan dengan baik,” kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir, seperti dikutip Solopos.com dari laman PSSI, Selasa (12/3/2024).

Erick Thohir mengatakan setelah menjadi WNI, Nathan Tjoe diharapkan bisa debut bersama Timnas Indonesia menghadapi Vietnam pada laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 babak kedua.

Pada pertemuan pertama, Indonesia terlebih dahulu menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (21/3/2024).

Kemudian gantian skuad Garuda yang melawat ke markas Vietnam di Stadion Nasional My Dình, Selasa (26/3/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya