SOLOPOS.COM - Nathan Tjoe-A-On pemain Swansea City yang tertarik membela Timnas Indonesia. (Instagram/nathantjoeaon).

Solopos.com, SOLO–Nama Nathan Tjoe-A-On menjadi perbincangan hangat setelah disebut bersedia membela timnas Indonesia lewat jalur naturalisasi, berikut profilnya.

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong mengatakan Nathan Tjoe-A-On menyanggupi tawaran untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Hal itu disampaikan Shin Tae-yong dalam konferensi pers menjelang laga Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Solo, Selasa (5/9/2023).

Pelatih asal Korea Selatan itu juga mengonfirmasi profil Nathan Tjoe-A-On sempat masuk radar PSSI untuk diangkut sebagai pemain naturalisasi.

Meski demikian, Shin Tae-yong perlu melihat kualitas sang pemain secara langsung terlebih dahulu sebelum memutuskan apakah akan melanjutkan proses naturalisasi atau tidak.

Sebelum namanya muncul dalam konferensi pers, tak banyak yang mengetahui rekam jejak atau profil Nathan Tjoe-A-On. Berikut profil Nathan Tjoe-A-On dan jejak kariernya:

Dikutip dari Transfermarkt, Nathan Tjoe-A-On lahir di Rotterdam, Belanda, pada 22 Desember 2001. Nathan Tjoe-A-On memiliki garis keturunan Indonesia dari kakeknya. Ayah dari ibu Nathan diketahui berasal dari Semarang, Jawa Tengah. Saat ini, Nathan Tjoe-A-On berstatus sebagai warga negara Belanda.

Mengingat usianya yang baru akan menginjak 22 tahun, karier Nathan Tjoe-A-On diprediksi akan panjang di timnas Indonesia jika segera dinaturalisasi menjadi WNI.

Postur tubuh Nathan juga terbilang menjulang dengan tinggi 182 cm. Posisi natural Nathan adalah bek kiri meski bisa juga bermain sebagai bek tengah.

Pemain berkaki kidal ini merupakan jebolan akademi Excelsior di Belanda. Dia sempat masuk tim utama Excelsior sejak 2019. Otomatis itu menambah bagus profil Nathan Tjoe-A-On.

Bersama Excelsior, Nathan tampil 57 kali di berbagai ajang dengan mengemas satu gol dan satu assist. Khusus di Eredivisie alias Liga Belanda, ia dipercaya turun reguler sebanyak 29 kali.

Pada 13 Agustus lalu Nathan resmi hijrah ke Inggris dengan memperkuat Swansea City yang berkiprah di Divisi Championship (kasta kedua Premier League atau Liga Utama Inggris).

Profil Nathan Tjoe-A-On bertambah bagus setelah direkrut Swansea City dengan mahar 348.000 euro atau sekitar Rp5,7 miliar dengan kontrak tiga tahun hingga 2026 plus opsi perpanjangan satu tahun.

Di tim barunya itu, Nathan baru sekali masuk di skuad utama saat duduk di bangku cadangan kala melawan Bristol City, Sabtu (2/9/2023).

Pemain 21 tahun itu pun masih menjalani proses adaptasi dengan tim baru sekaligus kultur sepak bola di Negeri Pangeran Charles III.

Biodata Nathan Tjoe-A-On

  • Nama: Nathan Tjoe-A-On.
  • Lahir: Rotterdam, 22 Desember 2001.
  • Tinggi: 182 cm.
  • Posisi: Bek kiri, bek tengah.
  • Kaki terkuat: kiri.

Karier tim:

  • Excelsior U-17: 2016-2018.
  • Excelsior U-19: 2018-2019.
  • Excelsior: 2019-2023.
  • Swansea City: 2023-sekarang.

Itulah profil Nathan Tjoe-A-On, pemain yang kini merumput di Swansea City yang tertarik membela timnas Indonesia.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Profil Nathan Tjoe-A-On, Pemain Keturunan yang Siap Bela Timnas Indonesia”

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya