SOLOPOS.COM - Pemain asal Jepang Wataru Endo. (Instagram/endowataru).

Solopos.com, SOLO–Kapten Stuttgart Wataru Endo dikabarkan sedikit lagi menjadi amunisi baru Liverpool, berikut profilnya.

Wataru Endo menjadi pilihan The Reds setelah dicueki Moises Caicedo dan Romeo Lavia. Keduanya memilih bergabung dengan Chelsea meski klub asal mereka dan Liverpool sudah menyepakati nilai kontrak.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Pemain timnas Jepang itu didatangkan untuk memperkuat lini tengah yang ditinggalkan sejumlah pemain seperti Jordan Henderson dan Fabinho yang hijrah ke Liga Arab Saudi.

Alexis Mac Allister dan Dominik Szoboszlai berhasil diboyong, tetapi Liverpool masih membutuhkan tambahan amunisi baru.

Dikutip Solopos.com dari Mirror, Jumat (18/8/2023), Direktur Olahraga Liverpool, Jorg Schmadtke, telah memberikan izin untuk tawaran pada bintang Stuttgart, Wataru Endo.

Pemain asal Jepang itu pilihan yang tidak umum bagi The Reds. Dia hanya bermain selama tiga musim di salah satu liga utama yang sudah mapan, Stuttgart di Liga Jerman atau Bundesliga.

Sebelum ke Jerman, pemain timnas Jepang ini menghabiskan waktu bersama Shonan Bellmare dan Urawa Red Diamonds di J-League dan memenangkan Liga Champions AFC pada 2017.

Dia pindah ke sepak bola Eropa setahun setelahnya yakni bergabung dengan Sint-Truiden di Belgia, sebelum kemudian bergabung dengan Stuttgart dengan status pinjaman pada 2019.

Dia membantu raksasa Jerman ini kembali ke Bundesliga dan akhirnya mendapatkan kontrak permanen.

Dalam tiga musim di kompetisi papan atas Jerman, dia mencetak 12 gol dan mencatatkan 11 assist, termasuk gol dalam pertandingan play off degradasi musim lalu. Posisi awalnya sebagai gelandang bertahan, tetapi Wataru Endo juga mampu bermain sebagai bek tengah.

Setelah bermain gemilang, Wataru Endo dengan cepat diangkat menjadi kapten Stuttgart hingga saat ini. Dia memiliki satu tahun tersisa dalam kontraknya. Namun, dia ingin berlabuh ke Anfiled setelah mengetahui tim tersebut meminatinya.

“Sekaligus sebagai pemain dan sebagai pribadi, dia sungguh sangat berharga. Dia adalah salah satu tiang penopang, pusat perhatian dalam sistem kami. Apakah dia bermain sebagai bek tengah atau sebagai gelandang bertahan, baguslah bahwa dia ada dan tampil,” kata mantan direktur Stuttgart, Sven Mislintat, pada 2021.

Manajer yang memberinya ban kapten, Pellegrino Matarazzo, menyebut Wataru Endo memang layak menjadi kapaten di timnya.

“Bagi saya, penting bahwa kapten kami dapat membawa semua orang bersamanya, bahwa dia mewakili nilai-nilai yang kami junjung dan menjadi contoh untuk diikuti. Saya memilih Wataru Endo karena dia juga seseorang yang memberikan ruang bagi pemain lain untuk bertanggung jawab,” ulas Pellegrino Matarazzo.

Keingnan mendatangkan Wataru Endo bisa jadi atas pengaruh Direktur Olahraga Liverpool Schmadtke. Endo disebut hanya akan menandatangani kontrak jangka pendek.

Schmadtke mengakui pasar Jerman adalah tempat dia akan menjadi fokus perhatiannya, setelah sebelumnya berhasil mendapatkan Szoboszlai dari RB Leipzig.

“Tentu saja selalu ada pemain di Jerman yang menarik. Kemudian pengalaman saya di pasar sangat diperlukan. Karena tentu saja saya tahu sedikit tentang bagaimana pembayaran dilakukan, bagaimana pihak lain memproses dalam negosiasi. Pasar Jerman adalah pasar rumah saya dan lebih mudah bagi saya, tentu saja,” kata dia.

Itulah profil Wataru Endo, pemain asal Jepang yang segera berseragam Liverpool.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya