SOLOPOS.COM - Peristiwa saat pemain Vietnam menyikut pemain Indonesia pada laga final Piala AFF U-23 di Thailand, Sabtu (26/8/2023) malam. (Tangkapan layar video di Twitter).

Solopos.com, SOLO–Puluhan ribu komentar negatif warganet menyerbu postingan akun Instragam (IG) @phucbo_21 yang diduga akun pribadi pemain timnas U-23 Vietnam Nguyen Hong Phuc.

Dia merupakan orang yang melakukan sikutan horor ke kepala pemain  timnas U-23 Indonesia Mohammad Haykal pada laga final Piala AFF U-23 2023 di Thailand, Sabtu (26/8/2023) malam.

Promosi Mimpi Prestasi Piala Asia, Lebih dari Gol Salto Widodo C Putra

Akun tersebut pada Minggu (27/8/2023) pukul 12.50 WIB siang sudah tidak lagi memperlihatkan unggahan foto-foto meski akun tersebut tercatat telah melakukan 32 kali postingan.

Akun itu memiliki 2.014 pengikut dan mengikuti 43 akun lain. Di beranda akun tersebut terdapat keterangan belum ada postingan.

Namun, Solopos.com sebelumnya sempat bisa memantau unggahan di akun yang tertera nama Nguyen Hong Phuc itu. Unggahan yang diserbu warganet Tanah Air adalah unggahan terakhir yakni foto dirinya berseragam tinas Vietnam.

Unggahan itu mendapat lebih dari 50.000 komentar yang mayoritas berbahasa Indonesia. Itu menunjukkan komentar dari warganet Tanah Air.

Komentar negatif itu dipicu aksi Nguyen yang diduga kuat sengaja menyikut kepala Haykal. Video yang memperlihatkan kejadian tersebut pun viral di media sosial.

Video itu merupakan tayangan lambat saat Haykal berusaha merebut bola di dekat garis tepi lapangan. Nguyen menendang bola dengan keras sambil melompat menghindari Haykal yang mengadang.

Saat berada di udara, Nguyen menyikut kepala Haykal dengan tangan kanannya. Haykal langsung tersungkur sembari memegangi kepalanya. Sementara, Nguyen berlalu seolah tak terjadi apa-apa.

Pada pertandingan itu, wasit tak memberi keputusan apa pun atas peristiwa tersebut. Hal itu membuat banyak pihak menyesalkan keputusan wasit yang tak memberi kartu merah kepada pemain Vietnam yang melakukan sikutan horor tersebut.

Video itu diunggah sejumlah pengguna akun Twitter dan Instagram, salah satunya akun Instagram timnasindonesiainfo. “Aksi pemain Vietnam Nguyen Hong Phuec saat dengan sengaja menyikut Haykal. Phuec tidak meminta maaf dan aksi ini luput dari mata wasit sehingga tidak mendapat kartu. Itu siku jelas-jelas diayunkan,” tulis pengguna akun tersebut di unggahan video.

Pada kolom komentar ada warganet yang menge-tag akun Instagram @phucbo_21 yang diduga akun milik Nguyen Hong Phuec. “Cemas kau dek @phucbo_21,” tulis pengguna akun timnasindonesia.idn. Komentar akun itu mendapat lebih dari 90 komentar warganet.

Video sikutan horor Nguyen terhadap Haykal juga diunggah pengguna akun Twitter @mynanonkorapat. Video itu direspons puluhan warganet. “Segitunya pengen juara, terlihat bodoh banget ini pemain Vietnam,” tulis pengguna akun @wuriihannd.

Pengguna akun @jasmineatl28 menyindir wasit yang tak memberi keputusan apa pun kepada pemain Vietnam yang melakukan tindakan keras itu. “kan wasit sayang vietnam…. indonesia kan anak tiri…. shipal emang,” tulis dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya