SOLOPOS.COM - Ramadhan Sananta melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang timnas Brunei dalam pertandingan leg 1 kualifikasi Piala Dunia 2026 babak pertama zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Kamis (12/10/2023). (Antara/Galih Pradipta)

Solopos.com, HANOI — Indonesia sukses membantai Vietnam di kandangnya, Selasa (26/3/2024) malam, sekaligus mematahkan mitos tak pernah menang di Hanoi selama 20 tahun terakhir.

Striker Persis Solo, Ramadhan Sananta menjadi pencetak gol terakhir kemenangan 3-0 atas Vietnam di menit ke-7 tambahan waktu.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Dua gol lain dicetak Jay Idzes pada menit ke-8 dan Ragnar Oratmangoen pada menit ke-23.

Kemenangan tiga gol tanpa balas itu mengulangi sukses Boaz Sollosa dkk. pada Piala Tiger tahun 2004 silam.

Saat itu Indonesia juga menang tiga gol tanpa balas melalui kaki Muhammad Mauly Lessy pada menit 18, Boaz Solossa menit 21, dan Ilham Jayakesuma menit 45.

Sejak itu Indonesia tidak pernah lagi menang saat bertanding melawan Vietnam di Hanoi. Dari lima kali pertemuan, Vietnam menang empat kali dan satu kali imbang.

Jalannya Pertandingan

Pada pertandingan malam ini, striker baru Ragnar Oratmangoen mencetak gol pada menit ke-23 untuk membuat Timnas Indonesia unggul 2-0 atas Vietnam di kandang lawan.

Oratmangoen memberi bukti untuk apa ia direkrut. Mendapat umpan dari rekannya, striker  Fortuna Sittard di Liga Belanda menusuk ke dalam kotak penalti lawan.

Dalam sudut sempit, Oratmangoen mampu melepaskan tendangan keras dengan kaki kirinya yang tidak bisa ditepis kiper Vietnam.

Gol itu terasa indah karena diciptakan Ragnar Oratmangoen dalam debutnya bersama Timnas Indonesia di laga penting Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Sebelumnya, menit ke-8 Timnas Indonesia mendapatkan gol pertamanya melalui sundulan Jay Idzes.

Pemain belakang andalan baru Garuda itu menyambut umpan tendangan sudut dari pemain debutan, Thom Haye.

Datang dari arah belakang, pemain bertinggi badan lebih dari 190 cm itu terbang dan menyundul bola ke sisi kiri gawang Vietnam.

Kiper Vietnam tak bergerak karena tak menyangka dengan kehadiran Jay Idzes yang menciptakan gol perdananya untuk Timnas Indonesia.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia XI (3-4-3): Ernando Ari; Jay Idzes, Rizky Ridho, Justin Hubner; Asnawi Mangkualam; Marselino Ferdinan, Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On; Witan Sulaeman, Hokky Caraka, Ragnar Oratmangoen.

Cadangan: Muhammad Riyandi, Yakob Sayuri, Wahyu Prasetyo, Ramadhan Sananta, Egy Maulana Vikri, Rafael Struick, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Arkhan Fikri, Edo Febriansyah, Muhammad Ferarri, Syahrul Trisna.

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya