SOLOPOS.COM - Pembalap LCR Honda Alex Rins juara MotoGP Amerika 2023, Senin (17/4/2023) dini hari WIB. (Istimewa/motogp.com).

Solopos.com, SOLOAlex Rins resmi diumumkan sebagai pembalap baru Monster Energy Yamaha untuk musim MotoGP 2024.

Dikutip Solopos.com dari crash.net, Rabu (2/8/2023), Alex Rins diumumkan oleh Yamaha sebagai rekan setim baru Fabio Quartararo menggantikan Franco Morbidelli.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Pemenang balapan lima kali untuk Suzuki, Rins beralih ke LCR Honda Castrol musim ini setelah pabrik Hamamatsu tersingkir dari MotoGP dan secara sensasional meraih kemenangan pertamanya untuk Honda di COTA.

Namun finis balapan terbaik Rins berikutnya hanyalah posisi kesembilan. Pembalap berusia 27 tahun yang saat ini sedang memulihkan diri dari patah kaki di Mugello itu merasa frustrasi dengan lambatnya kemajuan suku cadang baru ke garasi LCR.

Kontrak Honda dengan Rins pada dasarnya baru habis pada akhir 2024, tetapi ia memiliki klausul keluar jika tim pabrikan rival mengajukan tawaran.

“Kami senang Alex bergabung dengan line-up Yamaha, dan kami menyambutnya dengan hangat di grup MotoGP Yamaha. Kami berharap Alex menjadi aset besar. Dia memiliki pengalaman luas sebagai pembalap MotoGP dan dikenal sebagai bakat alami dan pemenang balapan kelas MotoGP berkali-kali,” kata Managing Director Yamaha Racing, Lin Jarvis.

“Dia sudah memiliki pengalaman dengan dua pabrikan MotoGP lainnya dan telah mengendarai motor dengan karakteristik yang mirip dengan YZR-M1, yang akan membantunya beradaptasi dengan cepat pada motor kami. Kemenangannya di Circuit of the Americas (COTA) awal tahun ini menggarisbawahi kecepatan, rasa lapar, dan tekadnya untuk sukses,” sambung Lin Jarvis.

“Alex telah absen dari paddock MotoGP untuk sementara waktu karena cedera yang dideritanya di Mugello, tetapi kami yakin dia harus pulih sepenuhnya dan mempercepat musim 2024. Kami sangat menantikan untuk bekerja dengannya dan percaya bahwa dia akan berkolaborasi dengan baik dengan Fabio [Quartararo] dan meningkatkan performa total Tim Monster Energy Yamaha MotoGP,” imbuh dia.

Kontrak Rins dengan Yamaha merupakan kesepakatan satu tahun yang akan membuatnya sejalan dengan tanggal berakhirnya kontrak pembalap MotoGP pabrik lainnya pada akhir 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya