SOLOPOS.COM - Salah satu pemain naturalisasi Tim Nasional Indonesia, Jay Noah Idzes seusai acara pengambilan sumpah janji setia pewarganegaraan di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Jakarta, Kamis (28/12/2023). (pssi.org)

Solopos.com, JAKARTA — Tim Nasional Indonesia mendapat tambahan lagi satu pemain naturalisasi setelah Jay Noah Idzes, pemain Serie B Italia, Venezia menjalani sumpah dan janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Kamis (28/12/2023).

Setelah resmi menjadi WNI, Jay Idzes menyatakan siap memberikan segalanya untuk negaranya, Indonesia.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Namun Jay Idzes yang lahir dan besar di Belanda kemungkinan besar belum bisa memperkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Namun pemain di posisi bek itu bisa memperkuat Indonesia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Dikutip dari laman PSSI, proses naturalisasi Idzes berlangsung singkat. Pengambilan sumpah dipimpin oleh Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Ibnu Chuldun.

“Demi Tuhan yang Maha Esa, saya berjanji melepaskan seluruh kesetiaan saya kepada kekuasaan asing. Mengakui, tunduk, dan setia kepada NKRI, Pancasila, dan UUD 1945,” kata Jay dalam acara pengambilan sumpah seperti dikutip Solopos.com.

Pada awal Desember 2023 Komisi III dan X DPR menyetujui pengajuan naturalisasi Idzes dan Nathan Tjoe-A-On (Swansea City).

Sehari berselang Paripurna DPR mengetuk palu persetujuan.

Sebelum Idzes, PSSI telah merampungkan naturalisasi beberapa pemain keturunan Eropa lainnya, yakni Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Rafael Struick dan yang terakhir adalah Justin Hubner.

Mereka semua yang sudah menjadi WNI, kini sudah bersama tim nasional Indonesia yang sedang melakukan pemusatan latihan (training center/TC) di Turki.

Jay Idzes merupakan pemain belakang yang lahir pada 2 Juni 2000 di Mierio, Belanda.

Pria berpostur 191 cm ini memiliki darah Indonesia dari kakek dan neneknya yang warga Semarang, Jawa Tengah.

Setelah jadi WNI, Jay Idzes mengaku senang. Ia tampak antusias menjalani tahapan-tahapan proses menjadi WNI.

“Perasaan saya senang, tentu saja. Akhirnya saya bisa menyelesaikan prosesnya dengan baik dan menjadi WNI. Ini adalah hari yang luar biasa dan saya dalam kondisi baik. Saya ingin berterima kasih kepada Ketum PSSI Bapak Erick Thohir juga pemerintah Indonesia. Saya siap memberikan segalanya untuk negara ini. Saya sudah tidak sabar ingin bergabung dengan tim dan bermain untuk Indonesia,” kata Idzes.

Setelah menjalani pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kanwil Kemenkumham, Jay Idzes langsung menuju Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta kantor Imigrasi untuk mengurus KTP dan paspor.

Selain Jay, Nathan Tjoe-A-On pada awalnya juga diundang untuk menjalani upacara sumpah WNI.

Namun, pemain berusia 22 tahun tersebut berhalangan hadir karena masih ada urusan dengan klubnya, Swansea City.

Adapun Jay saat ini masih membela klub Serie B Italia, Venezia. Ia sudah bermain sepak bola sejak usia tujuh tahun.

Awal karier sepak bola Idzes dimulai saat bermain untuk klub amatir SC Brabant di Mierlo.

Di sana ia bermain selama 1,5 tahun, sebelum saat berusia sembilan tahun dilirik oleh pencari bakat dari PSV Eindhoven.

Idzes lantas berlatih di akademi PSV selama lima tahun. Setelah itu, ia bergabung dengan akademi VVV-Venlo & Helmodsports pada 2014.

Jay bertahan selama dua tahun di klub tersebut, sebelum kemudian pindah ke FC Eindhoven dan bermain di tim akademi juniornya.

Setelah dua tahun mencari ilmu dan pengalaman di tim junior, Idzes mulai dibutuhkan oleh tim inti Eindhoven dan mencatatkan 57 penampilan di sana. Ia berikutnya pindah ke Go Ahead Eagles hingga awal musim 2023.

Pada 30 Juni 2023, Idzes kemudian pindah ke klub strata kedua Italia, Venezia, dengan ikatan kontrak selama empat tahun.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya