SOLOPOS.COM - Wasit Shen Yinhao memberikan kartu merah kepada bek Indonesia Rizky Ridho pada pertandingan semifinal Piala Asia U23 antara Indonesia dan Uzbekistan. (Antara)

Solopos.com, SOLO – Dalam pertandingan semifinal Piala Asia U-23 Indonesia vs Uzbekistan, beberapa keputusan wasit disebut-sebut menuai kontroversi.

Pertandingan yang digelar di Stadion Abdullah bin Khalifa, Qatar, Senin (29/4/2024) malam itu, Indonesia harus menerima pil pahit kekalahan 0-2 melawan Uzbekistan. Di pertandingan itu, wasit asal China, Shen Yin Hao mendapatkan sorotan oleh publik.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

Berulang kali wasit memberikan keputusan yang sangat merugikan Timnas Indonesia, termasuk memberikan kartu merah untuk kapten tim Rizky Ridho pada menit ke-84. Pemain Persija Jakarta itu dianggap melanggar keras pemain depan Uzbekistan.

Dalam tayangan ulang terlihat, Rizky Ridho menendang bola terlebih dahulu. Kakinya mengenai lutut lawan karena sang lawan tak bisa menghentikan laju larinya. Kartu merah itu benar-benar membuat kacau permainan Timnas Garuda.

Kemudian, dalam pertandingan Indonesia vs Uzbekistan itu, wasit Shen Yin Hao juga memberikan keputusan kontroversi ketika Abduvohid Ne’matov sempat melanggar Witan Sulaeman di tepi kotak penalti. VAR kemudian mengecek pelanggaran itu, dan rupanya bukan di area kotak penalti.

Akan tetapi, wasit juga rupanya tidak memberi hadiah free kick buat Indonesia, justru memutuskan drop ball. Pelanggaran Witan akhirnya gagal dimanfaatkan jadi bola mati buat Indonesia.

Tak hanya itu, gol juga sempat diperoleh Indonesia di menit ke-61. Muhammad Ferrari sempat membobol gawang Uzbekistan, namun dianulir karena dianggap ada offside dalam prosesnya. Namun, dalam tayangan ulang tidak terlihat ada pemain yang terjebak offside.

Meski kalah 0-2 dari Uzbekistan dengan wasit Shen Yin Hao, Indonesia masih berpeluang mendapatkan tiket ke Olimpiade Paris 2024 asalkan bisa menjadi juara ketiga pada laga Kamis (2/5/2024) mendatang melawan Irak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya