SOLOPOS.COM - Pemain Timnas Indonesia, Sandy Walsh (keempat kiri), berlatih bersama rekannya di Lapangan Thor Surabaya, Selasa (5/9/2023). (ANTARA/Moch Asim)

Solopos.com, SOLO–Publik sepak bola Tanah Air menantikan penampilan Sandy Walsh yang akan debut bersama timnas Indonesia di FIFA matchday melawan Turkmenistan di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Jumat (8/9/2023) malam mendatang.

Pemain tim Liga Belgia KV Mechelen itu sebenarnya pernah bergabung bersama skuad Garuda pada FIFA matchday melawan Afganistan dan Argentina, beberapa waktu lalu. Namun, pemain keturunan tersebut tak dimainkan lantaran dibekap cedera.

Promosi Enjoy the Game, Garuda! Australia Bisa Dilewati

Kali ini Sandy Walsh kembali masuk skuad Merah Putih dan hingga Kamis (7/9/2023) tidak ada kabar dirinya cedera. Dia diharapkan memberikan penampilan terbaik untuk timnas senior.

Timnas Indonesia saat ini menempati peringkat ke-150 dalam ranking FIFA. Sedangkan, Turkmenistan menduduki ranking ke-135.

Tentu skuad asuhan Shin Tae-yong mengincar kemenangan untuk memperbaiki ranking FIFA Indonesia. Namun untuk laga besok malam, timnas Indonesia dipastikan tak diperkuat sejumlah pemain yang berkarier di luar negeri seperti Elkan Baggott, Marselino Ferdinan, dan Pratama Arhan. Mereka memperkuat timnas U-23 untuk di kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Solo.

Skuad timnas senior kali ini dihuni banyak pemain yang berkarier di liga lokal, meski ada juga Asnawi Mangkualam dan Jordi Amat yang main di luar negeri.

Laga ini juga bisa menjadi debut untuk empat pemain timnas Indonesia, yakni Ryan Kurnia, Wahyu Prasetyo, Aji Kusuma, dan Sandy Walsh.

Khusus Walsh, dia sudah dipanggil dalam FIFA matchday sebelumnya, namun urung tampil karena cedera. Sementara untuk tiga nama lainnya, ini merupakan panggilan pertama dari timnas Indonesia untuk mereka.

Pada laga ini timnas Indonesia kemungkinan tak didampingi Shin Tae-yong di sisi lapangan. Sebab, pelatih asal Korea Selatan itu harus berada di Solo untuk memimpin timnas U-23 Indonesia tampil di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 pada Sabtu  dan Selasa (9 dan 12/9/2023).

Sebagai penggantinya, timnas senior akan dipimpin oleh asisten pelatih Shin, Choi In-cheul, yang sudah mendampingi sejak latihan.

Sebelum laga ini, timnas Indonesia menjalani tiga uji coba melawan Burundi, Palestina, dan Argentina. Hasilnya, timnas Indonesia meraih dua hasil imbang dan kalah saat jumpa Tim Tango.

Di sisi lain, Turkmenistan juga sedang dalam kondisi tak bagus. Dalam lima laga terakhir, mereka empat kali kalah dan hanya satu kali imbang.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Jadwal Timnas Indonesia vs Turkmenistan, Menanti Kiprah Debutan”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya