SOLOPOS.COM - Tim para catur Indonesia saat menerima medali emas Asian Para Games 2022 Hangzhou, China, Sabtu (28/10/2023). (ANTARA/HO/NPC Indonesia).

Solopos.com, SOLOIndonesia melalui cabang olahraga para catur memberi kejutan setelah mampu memborong 10 medali emas Asian Para Games 2022 Hangzhou, China yang digelar 22-28 Oktober  2023 lalu.

Prestasi ini membuat China geleng-geleng dan berencana menimba ilmu catur ke Indonesia.

Promosi Vonis Bebas Haris-Fatia di Tengah Kebebasan Sipil dan Budaya Politik yang Buruk

Dikutip dari Antara, Senin (30/10/2023), Indonesia menjadi juara umum pada cabang olahraga (cabor) para catur dengan berhasil membawa pulang 10 medali emas, tujuh perak, dan delapan perunggu.

Medali emas diraih nomor nomor beregu putri catur cepat PI RND 7 yang diperkuat Lilis Herna, Yuni Yula, dan Farta Simanja Nasip.

Medali emas juga diperoleh nomor beregu putri catur cepat VI-B2/B3 RND 7 yang diisi Khairunnisa, Yumna Budiarti Farah, dan Wijayanti Putri Brahmana Aisah.

Selain itu medali emas untuk Indonesia mampu diamankan oleh Khairunnisa di nomor individual catur cepat VI-B2/B3 RND 7.

Sementara itu, medali perak didapat Satrio Gayuh, Hartono Adji, dan Jumadi di nomor catur cepat beregu putra VI-B2/B3 RND7.

Perak lain juga datang dari nomor beregu VI-B1 RND7 yang diperkuat Tita Puspita, Halawa Yustina, dan Wilma Margareta Sinaga.

Lilis Herna Yulia juga mempersembahkan medali perak dari nomor individu PI RND7. Di nomor Rapid VI-B2/B3 RND7 putra, Gayuh Satrio juga mengamankan medali perak.

Sedangkan medali perunggu diraih oleh Yadi Sopian, Indra Yoga dan Fitriyanto Prasetyo di nomor beregu putra VI-B1 RND7.

Tim Indonesia di nomor PI RND7 yang diisi oleh Tirto, Maksum Firdaus, dan Alfrets Dien juga memperoleh medali perunggu.

Di kategori individu, Nasip Farta Simanja dan Tirto juga berhasil menambah pundi-pundi medali perunggu.

“Kita tahu catur selama ini dikuasai oleh beberapa negara khususnya dari negara pecahan Soviet. Ternyata kita bisa menandingi bahkan lebih baik dari mereka. Ini buah dari kerja keras dan displin yang tinggi,” kata Deputi Chef de Mission (CdM) Indonesia untuk Asian Para Games 2022 Hangzhou Andi Herman.

Sementara itu, Wasekjen National Paralympic Committee (NPC) Indonesia Rima Ferdianto kepada Solopos.com, Senin, menyampaikan tim para catur tampil luar biasa.

Di luar dugaan, atlet para catur bisa memborong 10 medali emas. Rima menyebut capaian fantastis itu membuat China ingin belajar catur ke Indonesia.

Cabor lain yang memberi kejutan adalah blind judo.

“Judo sangat mengejutkan. Sebelumnya Indonesia belum ada tradisi menangan di blind judo. Kami tidak memprediksi, di luar prediksi kami judo gemilang,” kata Rima.

Dalam pesta olahraga disabilitas Asia itu, Indonesia berada di peringkat keenam klasemen perolehan medali dengan raihan 29 emas, 30 perak, dan 36 perunggu, total 95 medali. Medali tersebut diraih dari 12 cabang olahraga yang diikuti.

Indonesia menjadi kontingen terbaik dari kawasan Asia Tenggara. Tim Merah Putih menjadi negara Asia Tenggara dengan ranking terbaik di AiPG 2022, disusul Thailand di urutan ketujuh dengan 27 emas, 26 perak dan 55 perunggu.

Filipina berada di urutan ke-9, Malaysia di peringkat 12, dan Singapura di urutan 17 daftar perolehan medali terakhir Asian Para Games Hangzhou.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya