SOLOPOS.COM - Shayne Pattynama berlatih bersama rekan-rekannya di Turki, beberapa hari lalu. (IG @s.pattynama)

Solopos.com, ANTALYA — Bek kiri Timnas Indonesia, Shayne Pattynama diragukan bisa bermain dalam laga uji coba kedua di Mardan Sports Complex, Antalya, Turki, Jumat (5/1/2024) malam ini.

Di pertemuan pertama Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan tim asuhan Milutin Sredojevic dengan skor 0-4.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Seperti laga perdana, uji coba kedua ini juga akan disiarkan secara langsung oleh Indosiar mulai pukul 20.00 WIB.

Belum ada kepastian Shayne Pattynama telah tiba di Turki kembali setelah sebelumnya pulang ke Belanda untuk mengurus ibunya yang sakit.

Hingga sore ini akun resmi Instagram Timnas Indonesia, @timnas.indonesia belum menginformasikan tentang keberadaan Shayne Pattynama.

Sementara laman resmi PSSI saat ini tidak bisa diakses.

Pengamat sepak bola, Ronny Pangemanan menyatakan dirinya mendapat informasi Shayne Pattynama belum kembali dari Belanda.

Kalaupun sudah kembali, besar kemungkinan Shayne tidak dipasang karena kondisi psikologinya kurang bagus lantaran ibundanya sedang sakit.

Sebagai informasi, Shayne yang bermain di klub Viking FC Norwegia kini tinggal memiliki ibu.

Ayahandanya yang berasal dari Semarang, Jawa Tengah sudah meninggal cukup lama.

“Informasi yang saya dengar Shayne tidak akan bisa main,” ujar Bung Ropan, Ronny Pangemanan, dalam unggahan video terbarunya di kanal Youtubenya, Jumat sore.

Tim Terbaik

Diprediksi dalam laga kedua yang didaftarkan ke kalender FIFA ini, Shin Tae-yong akan menurunkan tim terbaiknya.

Jika pada uji coba perdana STY membagi dua tim dalam dua babak, dalam laga malam nanti skuat terbaik diperkirakan akan ditampilkan pelatih asal Korsel itu.

Kiper utama Ernando Ari diperkirakan bakal dipercaya STY menjaga gawang yang sebelumnya dijaga Syahrul Trisna.

Demikian pula Asnawi Mangkualam dan Sandy Walsh yang pada laga perdana Selasa (2/1/2024) lalu tidak dimainkan.

Selain mereka, STY diperkirakan bakal memasang Jordi Amat, Justin Hubner, Ricky Kambuaya, Ivar Jenner, Egy Maulana Vikri.

Striker Persis Solo Ramadhan Sananta besar kemungkinan bakal diduetkan dengan seniornya, Dimas Drajad atau Dendy Sulistyawan.

STY menyatakan tak merisaukan kekalahan empat gol tanpa balas pada laga perdana.

Sebagai informasi, kekalahan 0-4 Timnas Indonesia vs Libya sama dengan skor saat kedua negara berjumpa dalam Turnamen Merdeka pada tahun 1977 silam.

“Fans sepak bola Indonesia pasti kecewa karena kemarin kami kalah dari Libya 0-4. Mulai hari ini kami akan fokus untuk laga melawan Libya dan Iran. Segala sesuatu kita fokus untuk melawan Irak juga nanti di Piala Asia 2023. Jadi tidak perlu khawatir dengan kekalahan kemarin,” ujar Shin Tae-yong dalam jumpa pers secara daring, Rabu (3/1/2024).

Shin Tae-yong juga mengatakan Timnas Indonesia mengalami perkembangan postif meskipun mengalami kekalahan di laga pertama.

“Dalam laga kemarin saya tidak melihat hasil akhir, tetapi lebih melihat kondisi pemain. Sejak kami di Turki, kami terus melakukan program latihan fisik pemain. Fans tentu akan kecewa, tetapi tim mengalami perkembangan positif,” ujarnya.

Menariknya, jelang laga kedua melawan Libya, Shin Tae-yong sudah mencoret dua nama dan menetapkan 26 pemain untuk Piala Asia 2023.

Nama yang dicoret adalah Adam Alis (Borneo FC) dan Arkhan Kaka (Arema FC).



Setelah dua kali uji coba melawan Libya, skuad Garuda akan menjalani satu laga melawan Iran di Qatar pada Selasa (9/1/2024).

Bagi Indonesia, pemusatan latihan dan uji coba yang dijalani Indonesia di Turki merupakan bagian dari persiapan akhir sebelum tampil di Piala Asia 2023.

Turnamen bergengsi tersebut dihelat di Qatar mulai 12 Januari sampai 10 Februari 2024.

Perkiraan susunan pemain

Timnas Indonesia (3-5-2)

Ernando Ari;  Asnawi Mangkualam, Jordi Amat, Justin Hubner; Shanye Pattynama; Sandy Walsh, Ricky Kambuaya, Ivar Jenner, Egy Maulana Vikri; Ramadhan Sananta, Dimas Drajad

Pelatih: Shin Tae-yong

Libya (4-4-2)

Murad Al Wuheeshi; Salah Fakroun, Ali Youssef, Abdelaziz Ali, Subhi Al Dhawi; Fadel Ali Salama, Faisal Al Badri, Abdallah Dagou, Abdulmunem Aleiyam; Ahmed Ekrawa,  Sredojevic

Pelatih : Milutin Sredojevic

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya