SOLOPOS.COM - Para pemain dan ofisial Timnas Indonesia berfoto bersama dengan latar belakang penonton seusai mengalahkan Vietnam di laga kedua Grup D Piala Asia Qatar 2023, Jumat (19/1/2024) malam. (the-afc.com)

Solopos.com, JAKARTA — Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong bangga dengan perjuangan keras anak asuhnya yang mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0, dalam laga hidup mati Grup D Piala Asia Qatar 2023, Jumat (19/1/2024) malam.

Gol tunggal Indonesia dicetak oleh Asnawi Mangkualam lewat tendangan penalti pada menit ke-42′.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Shin Tae-yong menyebut Indonesia layak menang karena bermain tanpa kenal menyerah.

Kemenangan mengesankan itu juga memutus rekor tak pernah menang Shin Tae-yong setiap berjumpa Vietnam empat tahun terakhir.

“Kedua tim berusaha yang terbaik dan ini pertandingan bagus. Kami menang berkat sedikit keberuntungan,” kata Shin Tae-yong, seperti dikutip Solopos.com dari laman PSSI, Sabtu (20/1/2024).

Pelatih asal Korea Selatan tersebut menambahkan dirinya menyampaikan terima kasih kepada suporter Indonesia yang memberikan dukungan langsung secara luar biasa di stadion.

Kehadiran ribuan suporter di stadion memberi energi positif bagi pemain.

“Saya ingin berterima kasih kepada para penggemar. Mereka membantu tim Indonesia tampil sangat baik,” ungkapnya.

Shin Tae-yong mengakui, walau menang, anak asuhnya masih memiliki kekurangan.

Timnas yang diisi mayoritas pemain muda minim pengalaman membuat mereka menjadi medioker di hadapan tim-tim lain.

Hal itu terlihat di babak kedua saat Vietnam bermain mati-matian Skuad Garuda sempat kewalahan.

“Kami adalah tim muda, jadi agak kurang berpengalaman. Itulah mengapa penampilan di dua babak berbeda. Meski kami kurang pengalaman, tetapi bermain dengan tekad ingin menang. Para pemain dengan segala cara mempertahankan skor,” jelasnya.

Terkait gol penalti Asnawi, Shin Tae-yong menyatakan keberhasilan pemain kesayangannay itu berkat kepercayaan diri yang meningkat.

“Saya pikir Asnawi lebih percaya diri, meski belum mencetak gol sebelum pertandingan. Ia merasa baik dan sangat menguasai bola. Beruntung Asnawi menendang penalti dengan benar. Mampu membawa kemenangan buat kami,” tukas Shin Tae-yong.

Kemenangan ini membuat Indonesia naik satu peringkat ke posisi ketiga klasemen sementara grup D dengan 3 poin.

Skuad Garuda akan menghadapi Jepang di pertandingan terakhir grup D. Laga ini akan dimainkan di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar pada pukul 14.30 waktu setempat atau 18.30 WIB.

Kekalahan dari Indonesia membuat Vietnam tersingkir dari turnamen apapun hasil pertandingan terakhir mereka melawan Irak pada 24 Januari mendatang.

Ketum PSSI, Erick Thohir, puas dengan penampilan Timnas Indonesia saat mengandaskan Vietnam di laga kedua penyisihan grup D Piala Asia 2023, Jumat (19/1/2024) malam.

Erick Thohir memastikan bakal ada bonus untuk Skuad Garuda atas kemenangan tersebut.

Bahkan ia berjanji bakal memberikan bonus lebih besar jika Indonesia lolos dari fase grup Piala Asia.

Kemenangan 1-0 atas Vietnam di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar dinilai Erick luar biasa karena mempertontonkan penampilan yang pantang menyerah.

“Ini yang saya mau, mainnya bagus dan menang. Saya juga nilai permainan tim stabil, banyak kesempatan di depan yang memang terlewatkan, dan juga banyak penjaga gawang bagus. Saya ucapkan terima kasih kepada para pemain dengan semua perjuangan yang dilakukan,” ucap Erick seperti dikutip Solopos.com dari laman PSSI, Sabtu (20/1/2024).

Presiden Joko Widodo menonton laga Timnas Indonesia vs Vietnam di Piala Asia Qatar 2023, Jumat (19/1/2024), melalui layar televisi hingga larut malam.

Jokowi memuji permainan Timnas Indonesia yang menang 1-0 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha tersebut.



Presiden mengaku menonton pertandingan tersebut hingga selesai.

“Indonesia vs Vietnam 1-0, sampai jam 12 kurang saya nonton. Pemainnya bagus sekali. Pemainnya bagus sekali. Mainnya bagus sekali,” kata Presiden Jokowi saat ditemui seusai menghadiri acara Hari Lahir (Harlah) ke-78 Muslimat NU di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (20/1/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya