SOLOPOS.COM - Pelatih Shin Tae-yong optimistis Timnas Indonesia bisa tampil mengejutkan di Grup D Piala Asia 2023 yang bakal dimulai 12 Januari 2024 mendatang. (PSSI)

Solopos.com, ANTALYA — Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tak merisaukan hasil buruk saat melawan Libya dalam laga uji coba di Antalya, Turki, Selasa (2/1/2024) malam lalu.

Dalam laga uji coba internasional itu Tim Garuda dihajar empat gol tanpa balas.

Promosi Komeng The Phenomenon, Diserbu Jutaan Pemilih Anomali

Menurut Shin Tae-yong, dirinya tidak melihat hasil dalam laga melawan Libya yang berperingkat 120 dunia itu.

Shin hanya ingin memastikan kondisi pemainnya yang sedang melakoni training center (TC) di Turki sejak 20 Desember 2023.

Dalam jumpa pers yang digelar PSSI secara daring, Rabu (3/1/2024), Shin Tae-yong mengatakan Timnas Indonesia mengalami perkembangan postif.

“Dalam laga kemarin saya tidak melihat hasil akhir tetapi lebih melihat kondisi pemain. Sejak kami di Turki, kami terus melakukan program latihan fisik pemain. Fans tentu akan kecewa, tetapi tim mengalami perkembangan positif,” ujarnya.

Selain itu, Shin Tae-yong juga memberikan penjelasan mengenai Justin Hubner yang dimainkan di paruh kedua.

Padahal Justin Hubner baru saja bergabung bersama Timnas Indonesia beberapa jam sebelumnya.

Selama 45 menit bermain, pemain Liga Premier Wolverhampton Wanderers itu melakukan dua kali blunder yang berakibat dua gol untuk lawan.

“Seperti yang sudah saya katakan, uji coba ini untuk mempertajam taktik dan melihat kondisi fisik pemain. Untuk Justin Hubner, saya yakin bisa langsung bermain, saya juga sudah bertanya kepadanya dan dia yakin bisa bermain 45 menit. Justin bisa lebih awal menyesuaikan dengan teman-teman lainnya,” tambahnya.

Disinggung mengenai memainkan dua tim dalam satu pertandingan, Shin Tae-yong mengatakan untuk melihat kondisi pemain berdasarkan tanggal bergabung di TC.

Ada beberapa yang bergabung pada 2 Januari 2024, ada yang bergabung di 27 Desember dan ada yang sudah bergabung sejak 20 Desember 2023.

Starting yang pertama itu yang sudah bergabung sejak Desember, nanti kami akan melihat untuk menentukan komposisi pemain inti,” tegasnya.

Sebagai informasi, Timnas Indonesia menurunkan dua tim berbeda di setiap babak. Hanya Syahrul Trisna di bawah mistar yang bermain penuh selama 90 menit.

Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Libya dengan skor 0-4 dalam laga uji coba yang digelar di Mardan Sports Complex, Antalya, Turki, Selasa (2/1/2024) malam.

Gol dari Libya dicetak oleh Ahmed Ekrawa di menit ke-25, Omar Al Khoja di menit ke-58, Nour Al Din Ahmed Mohammed Al Qulaib di menit ke-89.

Satu gol lainnya dicetak oleh Alaa Al-Qajdar di injury time babak kedua.

Tragisnya, tiga dari empat gol untuk Libya itu berawal dari blunder Justin Hubner dan Jordi Amat.

Egy Maulana dkk. akan kembali berhadapan dengan Libya, Jumat (5/1/2024) di Turki dan Iran, Selasa (9/1/2024) di Qatar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya