SOLOPOS.COM - Ilustrasi timnas Indonesia. (Instagram/timnas.indonesia).

Solopos.com, SOLO–Dua timnas Indonesia, timnas U-17 dan timnas senior, menjalani laga penting di ajang Piala Dunia pada hari yang sama, Kamis (16/11/2023).

Timnas U-17 akan menjalani laga pamungkas dan penentuan nasib di babak penyisihan Grup A Piala Dunia U-17 melawan Maroko di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya pukul 19.00 WIB.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Sedangkan, timnas senior melakoni laga pertama penyisihan Grup F putaran kedua kualifikasi zona Asia Piala Dunia 2026 kontra tuan rumah Irak di Stadion Internasional Basra, Irak, pukul 21.15 WIB.

Kedua pertandingan ini disiarkan langsung oleh televisi nasional.

Laga Maroko vs Indonesia di Piala Dunia U-17 disiarkan langsung Indosiar, SCTV, dan Vidio.

Sementara, laga Irak vs Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2026 disiarkan langsung RCTI.

Timnas U-17 Indonesia

timnas u-17 indonesia piala dunia u-17 2023
Pemain timnas U-17 Indonesia Ji Da Bin dan rekan-rekannya berlatih, belum lama ini, sebagai persiapan melawan Maroko dalam laga ketiga penyisihan Grup A Piala Dunia U-17 2023. (Istimewa/pssi.org).

Timnas U-17 menjalani laga ketiga yang merupakan laga penentuan apakah Indonesia bakal lolos ke babak 16 besar dan memenuhi target PSSI atau terhenti.

Arkhan Kaka dan kawan-kawan mencatatkan hasil yang tak terlalu mengecewakan dengan dua kali bermain imbang melawan Maroko (1-1) dan Panama (1-1).

Alhasil, tim asuhan Bima Sakti mengemas dua poin dan berada di peringkat tiga klasemen sementara Grup A.

Pada dasarnya, timnas U-17 memiliki peluang lolos ke fase gugur dengan tiga skenario, yakni menang, imbang, dan kalah melawan Maroko.

Welber Jardim dan kolega otomatis lolos ke 16 besar apabila mampu memenangi laga. Mereka juga bisa lolos meski imbang atau kalah saat kontra Maroko dengan syarat tertentu.

Sebagai gambaran, berikut klasemen sementara Grup A hingga laga kedua fase grup Piala Dunia U-17:

  1. Ekuador, 4 poin.
  2. Maroko, 3 poin.
  3. Indonesia, 2 poin.
  4. Panama, 1 poin.

Gelandang timnas U-17 Indonesia Ji Da Bin siap membawa timnya memenuhi target lolos ke babak 16 besar.

“Kami target lolos ke babak selanjutnya, babak 16 besar. Kami harus siap semaksimal mungkin untuk laga selanjutnya. Saya dalam kondisi fit. Teman-teman juga siap melawan Maroko,” kata dia dikutip Solopos.com dari laman resmi PSSI, pssi.org, Rabu (15/11/2023).

Ji Da Bin tak ingin timnya lengah melihat Maroko menuai kekalahan saat menghadapi Ekuador.

“Kami harus waspada karena mereka punya kualitas yang bagus. Kami harus kurangi kesalahan pribadi masing-masing,” imbuhnya.

Dia meminta dukungan suporter di Stadion GBT. Kehadiran penonton akan menambah motivasi pemain demi meraih kemenangan perdana di Piala Dunia U-17 2023.

“Terima kasih telah mendukung kami dalam dua pertandingan. Saya mohon dukungannya untuk laga selanjutnya dan ramaikan stadionnya,” ujar Ji Da Bin.

Timnas Senior

timnas indonesia senior kualifikasi piala dunia 2026
Timnas Indonesia (senior) berlatih di Irak, belum lama ini, sebagai persiapan melawan Irak dalam laga pertama Grup F putaran kedua kaulifikasi zona Asia Piala Dunia 2026. (Istimewa/pssi.org).

Pada bagian lain, timnas senior akan melakoni laga berat melawan Irak. Ini merupakan laga pertama Grup F putaran kedua kualifikasi zona Asia Piala Dunia 2026.

Pada babak atau putaran kedua kualifikasi ini, timnas Indonesia tergabung di Grup F bersama Irak, Filipina, dan Vietnam.

Indonesia memiliki ranking FIFA paling rendah di Grup F. Indonesia berada di ranking 145.

Sementara, Irak menempati ranking FIFA 69. Ranking Irak paling tinggi di antara kontestan di Grup F. Hal itu menunjukkan Irak adalah tim paling kuat di grup tersebut.

Vietnam tercatat memiliki ranking FIFA 94. Sedangkan, Filipina tercatat memiliki ranking FIFA 138.

Skuad asuhan Shin Tae-yong sudah tiba di Irak Minggu (12/11/2023) pukul 11.00 waktu setempat dan para pemain langsung  berlatih di lapangan latihan kompleks Stadion Internasional Basra.



Sebagai informasi, Ramadhan Sananta dan kawan-kawan menyegel satu tempat di putaran kedua kualifikasi zona Asia Piala Dunia 2026.

Kepastian itu diperoleh skuad Garuda seusai dua kali membantai Brunei Darussalam dengan skor kembar 6-0 pada Kamis dan Selasa (12 & 17/10/2023).

Pasukan Shin Tae-yong tak menemui kendala berarti dalam mengandaskan Brunei, baik saat timnas menjadi tuan rumah maupun tandang.

Asnawi Mangkualam dan kolega membombardir pertahanan Brunei hampir sepanjang pertandingan. Namun, laga putaran pertama ini baru awalan.

Timnas Indonesia akan menjalani laga lebih berat pada babak kedua kualifikasi zona Asia Piala Dunia 2016 dengan menghadapi Irak, Vietnam, dan Filipina.

Ketiga tim tersebut tak melalui putaran pertama karena memiliki ranking FIFA yang memenuhi syarat untuk tidak menjalani putaran pertama.

Pada babak kedua nanti, seluruh tim akan bertemu dengan sistem kandang tandang. Dengan demikian, setiap tim bakal melakoni enam pertandingan. Juara dan runner up grup akan melaju ke putaran ketiga.

Tentu ini bukan hal yang mudah untuk timnas Indonesia, terutama dalam menghadapai Irak dan Vietnam.

Skuad Garuda diprediksi dapat mengatasi Filipina meski ranking FIFA Filipina lebih bagus dibanding Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya