SOLOPOS.COM - Pemain timnas Indonesia Ramai Rumakiek (kiri) melakukan selebrasi setelah mencetak gol saat melawan Kirgizstan pada laga pertama Grup F Asian Games Hangzhou 2022 yang digelar, Selasa (19/9/2023). Indonesia menang 2-0. (Istimewa/pssi.org).

Solopos.com, SOLOTimnas U-24 Indonesia berpeluang besar lolos ke babak 16 besar Asian Games Hangzhou China 2022 yang digelar 2023 ini, berikut syarat atau hitung-hitungan peluang Indonesia lolos babak berikutnya.

Indonesia saat ini memuncaki klasemen Grup F Asian Games Hangzhou dengan torehan tiga poin hasil dari kemenangan 2-0 melawan Kirgizstan pada laga pertama pertama, Selasa (19/9/2023) lalu.

Promosi Meniti Jalan Terakhir menuju Paris

Poin itu sama dengan milik Korea Utara (Korut) yang berada di posisi kedua. Korut sebelumnya juga menang 2-0 melawan China Taipei (Taiwan) pada laga pertama mereka. Indonesia memimpin klasemen sementara karena unggul poin disiplin atas Korut.

Sementara Taiwan dan Kirgizstan yang menempati urutan ketiga dan keempat tanpa poin lantaran sama-sama kalah.

Pada laga kedua, Indonesia akan menghadapi Taiwan Kamis (21/9/2023) pukul 15.00 WIN nanti. Sedangkan, Korut kontra Kirgizstan.

Sebagai informasi, pada cabang olahraga sepak bola Asian Games Hangzhou ini semula ada 23 tim yang terbagi menjadi enam grup. Ada satu grup yang dihuni tiga peserta yakni Grup D yang dihuni Jepang, Palestina, dan Qatar.

Berdasar ketentuan format kompetisi, ada tiga syarat peserta bisa lolos ke babak 16 besar meliputi menjadi juara grup (enam tim), runner up (enam tim), dan peringkat ketiga terbaik (empat tim).

Namun, ada kondisi di mana semua tim di satu grup dipastikan lolos ke babak selanjutnya yakni tim yang menghuni Grup C Uzbekistan dan Hong Kong.

Keduanya dipastikan lolos lewat jalur juara grup dan runner up karena memang di Grup C hanya ada dua tim dari semula empat tim. Itu terjadi lantaran dua kontestan Suriah dan Afghanistan mengundurkan diri.

Pada pertandingan kedua ini, Indonesia bisa memastikan lolos ke babak 16 besar tetapi harus menang melawan Taiwan. Dengan bermodal enam poin, skuad Garuda dipastikan menyegel tempat di babak berikutnya lewat jalur juara grup atau runner up tergantung hasil pertandingan Korut vs Kirgizstan.

Dengan asumsi Indonesia menang dan Korut juga menang melawan Kirgizstan, kedua tim bakal lolos ke 16 besar dari jalur juara grup dan runner up. Pada kondisi itu kepastian posisi juara grup dan  runner up  ditentukan pada laga ketiga antara Indonesia vs Korut yang akan digelar (Minggu (24/9/2023) mendatang.

Apabila imbang atau bahkan Indonesia kalah dari Taiwan pada laga kedua nanti, tak secara otomatis menutup peluang skuad asuhan Indra Sjafri lolos ke 16 besar.

Hugo Samir dan kawan-kawan tetap bisa lolos tetapi dengan syarat harus menang melawan Korut pada pertandingan ketiga lewat jalur juara, runner up, atau peringkat tiga terbaik (tergantung hasil pertandingan lain di Grup F).

Itulah syarat atau hitung-hitungan peluang timnas Indonesia lolos ke babak 16 besar Asian Games Hangzhou 2022 yang digelar 2023 ini. Hal yang pasti, dengan modal tiga poin yang sudah digenggam Indonesia memiliki peluang besar lolos ke babak selanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya