SOLOPOS.COM - Pemain berdarah Belanda Nathan Tjoe-A-On menjalani pengambilan sumpah sebagai warga negara Indonesia (WNI) dilakukan Senin (11/3/2024) malam, setiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. (Ist/pssi.org)

Solopos.com, JAKARTA — Upaya PSSI mempercepat proses naturalisasi sejumlah pemain keturunan demi Indonesia bisa lolos ke Piala Dunia 2026 tak main-main.

Pemain berdarah Belanda Nathan Tjoe-A-On menjalani pengambilan sumpah sebagai warga negara Indonesia (WNI) dilakukan Senin (11/3/2024) malam, setiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

Pengambilan sumpah Nathan Tjoe terbilang tak lazim.

Pasalnya, pemain yang memiliki darah Indonesia dari kakeknya yang berasal dari Semarang itu diambil sumpah malam hari dan di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta.

Berdasarkan informasi, Nathan Tjoe-A-On tiba dari Belanda ke Indonesia bersama dua pemain naturalisasi, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen, pada Senin (11/3/2024) dini hari WIB.

Nathan Tjoe-A-On telah mengambil sumpah WNI pada hari yang sama dengan kedatangannya.

Kabar tersebut terbilang mengejutkan. Pasalnya, pengambilan sumpah yang dilakukan di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta itu dilakukan saat tanggal merah karena Hari Raya Nyepi.

Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta juga diapresiasi karena melayani sumpah WNI Nathan meski sudah malam hari.

Sementara ini baru Nathan yang telah menjalani pengambilan sumpah. Adapun Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen belum merampungkan naturalisasinya.

Nathan merupakan bek kiri berusia 22 tahun kelahiran Rotterdam, Belanda.

Kini Nathan dikabarkan akan langsung kembali ke Belanda untuk tampil bersama klubnya, SC Heerenveen.

Dengan rampungnya proses naturalisasi Nathan, besar kemungkinan dirinya akan membela Timnas Indonesia melawan Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia pada 21 dan 26 Maret 2024.

“Tadi malam, Nathan Tjoe-A-On resmi menjadi Warga Negara Indonesia setelah diambil sumpahnya. Hari ini Nathan sudah diproses juga untuk mendapatkan paspor dan KTP sebagai WNI. Satu langkah lagi yaitu mengurus perpindahan federasi untuk Nathan bisa membela Timnas Indonesia. Terima kasih atas dukungan semua lembaga yg membantu proses berjalan dengan baik. Insya Allah Nathan bisa memperkuat Indonesia saat melawan Vietnam pada 21 Maret mendatang. Bersama-sama kita bawa Garuda Mendunia,” kutip Solopos.com dari akun Instagram Ketum PSSI Erick Thohir, Selasa (12/3/2024).

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Sah Jadi WNI, Pengambilan Sumpah Nathan Tjoe-A-On Digelar Tengah Malam”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya