SOLOPOS.COM - Ribuan warga Solo memenuhi Jl. Jenderal Sudirman untuk nobar laga Vietnam melawan Indonesia dalam lanjutan Kualfikasi Piala Dunia 2026, Selasa (26/3/2024) malam. (Solopos.com/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Hujan deras yang mengguyur Kota Solo, Selasa (26/3/2024) malam, tidak menyurutkan keinginan warga Solo datang koridor Jl. Jenderal Sudirman untuk nonton bareng (nobar) pertandingan Vietnam melawan Indonesia.

Ribuan orang yang memenuhi koridor Jensud bersuka cita karena Indonesia membantai Vietnam di kandangnya setelah 20 tahun tak pernah menang di stadion tersebut.

Promosi Banjir Kiper Asing Liga 1 Menjepit Potensi Lokal

Pantauan Solopos.com, ribuan warga sudah memenuhi depan Balaikota Solo sejak pukul 18.30 WIB.

Wajah penuh optimis dari warga yang datang sudah terpancar di beberapa kantong parkir yang disediakan dinas perhubungan (Dishub) Kota Solo untuk acara ini.

Beberapa dari warga Solo yang datang bahkan sudah membahas prediksi hasil akhir laga.

Ada juga yang berbincang mengenai dua pemain debutan bagi Indonesia, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen yang tampil sejak menit awal.

Hujan tak menyurutkan warga yang datang hingga pukul 19.00 WIB, koridor Jensud penuh hingga depan Balaikota Solo.

Ketika Jay Idzes mencetak gol umpan dari Thom Haye di menit ke-8, warga Solo yang hadir bergemuruh menyambut gol pertama Timnas Indonesia di laga ini.

Salah satu warga yang datang adalah warga Banjarsari, Dion, 16. Ia mengatakan sudah dua kali datang nobar Indonesia melawan Vietnam.

Ia menilai, nobar kali ini tidak seramai sebelumnya yakni saat Timnas Indonesia menjamu Vietnam di Stadion GBK, Kamis (21/3/2024).

Meski begitu, ia menyebut kemeriahan nobar tetap terasa sejak awal.

“Ramai yang match pertama, mungkin karena hujan dan jadwalnya bertepatan dengan waktu Tarawih. Tapi nuansanya tetap terasa, meriah dan tegang juga karena match kedua ini Indonesia main tandang. Untung tadi mencetak gol duluan,” ucapnya saat ditemui Solopos.com, Selasa (26/3/2024).

Dion menambahkan, situasi nobar seperti ini sudah menjadi budaya yang menyenangkan di Kota Solo.

Ia mengatakan sering datang ke acara seperti ini sejak Piala Asia 2023 yang diadakan awal tahun ini.

“Ini sepertinya sudah jadi agenda rutin setiap Timnas Indonesia main dan memang selalu ramai, mau hujan atau enggak selalu ada yang nonton. Bahkan waktu Piala Asia, sempat match terakhir itu hujan deras, tapi memang masih ramai. Antusiasmenya tinggi, tapi tetap tertib sepanjang laga, ya terima kasih untuk Pemerintah Kota Solo yang mengadakan acara ini,” jelasnya.

Antusiasme serupa juga dikatakan Tria Ardiani, 19 warga Sewu, Jebres, Solo.

Ia diajak teman-temannya untuk ikut nobar. Meskipun mengaku tidak mengetahui secara mendalam sepak bola Indonesia, tetapi Tria antusias datang ke acara nobar kali ini.

“Sebenarnya enggak begitu mengerti sepak bola, nonton Persis Solo juga baru sekali. Tapi ya karena diajak teman-teman jadi nobar sekalian jajan di sini. Lumayan ramai yang datang dan seru aja datang ke acara seperti ini,” kata dia.

Tria melanjutkan, yang membuat antusias selain datang ke acara nobar ini adalah kenyamanan dari tempat parkir hingga lokasi nobar.

“Harganya normal parkirnya, karena sifatnya insidental jadi Rp3.000 tadi. Parkirnya aman dan enggak jauh dari lokasi nobar. Sampai lokasi, semua ramai-ramai ada yang ngobrol soal bola, ada yang jajan, ada yang duduk-duduk. Saya bagian yang jajan dan duduk-duduk saja,” ucapnya.

Seperti diketahui, Indonesia sukses membantai Vietnam di kandangnya, Selasa (26/3/2024) malam, sekaligus mematahkan mitos tak pernah menang di Hanoi selama 20 tahun terakhir.

Striker Persis Solo, Ramadhan Sananta menjadi pencetak gol terakhir kemenangan 3-0 atas Vietnam di menit ke-7 tambahan waktu.

Dua gol lain dicetak Jay Idzes pada menit ke-8 dan Ragnar Oratmangoen pada menit ke-23.

Kemenangan tiga gol tanpa balas itu mengulangi sukses Boaz Sollosa dkk. pada Piala Tiger tahun 2004 silam.



Saat itu Indonesia juga menang tiga gol tanpa balas melalui kaki Muhammad Mauly Lessy pada menit 18, Boaz Solossa menit 21, dan Ilham Jayakesuma menit 45.

Sejak itu Indonesia tidak pernah lagi menang saat bertanding melawan Vietnam di Hanoi. Dari lima kali pertemuan, Vietnam menang empat kali dan satu kali imbang.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia XI (3-4-3): Ernando Ari; Jay Idzes, Rizky Ridho, Justin Hubner; Asnawi Mangkualam; Marselino Ferdinan, Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On; Witan Sulaeman, Hokky Caraka, Ragnar Oratmangoen.

Cadangan: Muhammad Riyandi, Yakob Sayuri, Wahyu Prasetyo, Ramadhan Sananta, Egy Maulana Vikri, Rafael Struick, Rachmat Irianto, Ricky Kambuaya, Arkhan Fikri, Edo Febriansyah, Muhammad Ferarri, Syahrul Trisna.

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya