SOLOPOS.COM - Pemain Timnas Indonesia Marselino Ferdinan (kanan) berebut bola dengan pemain Timnas Palestina Mousa Farawi (kiri) dalam pertandingan persahabatan FIFA Matchday di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (14/6/2023). (Antara Foto/Zabur Karuru/hp).

Solopos.com, JAKARTA – Timnas Indonesia bermain imbang tanpa gol melawan Tanzania dalam laga uji coba yang digelar di Stadion Madya, Jakarta, Minggu (2/6/2024). Di pertandingan ini, pelatih Shin Tae-yong memainkan hampir seluruh pemain yang ada.

Timnas Indonesia di laga ini memulai dengan kekuatan terbaik. Di bawah mistar gawang ditempati Ernando Ari, di depan sang kiper ada trio Jordi Amat, Rizky Ridho dan Sandy Walsh. Empat gelandang yang diturunkan Shin Tae-yong saat sepak mula juga merupakan kekuatan utama: Asnawi, Ivar Jenner, Thom Haye dan Shayne Pattynama. Di depan, Marselino Ferdinan dan Rafael Struick mendampingi Ragnar Oratmangoen.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Semua pemain yang turun sebagai starting line-up digantikan di babak kedua. Hanya ada satu pemain yang bermain selama 90 menit, yaitu Rizky Ridho. Sedangkan pemain yang tidak mendapatkan kesempatan bermain adalah Nadeo Argawinata. Shin Tae-yong juga melakukan beberapa eksperimen dengan memasang Marselino sebagai penyerang sayap bersama Struick. 

Yang menarik di laga ini, Timnas Indonesia mengacak beberapa nomor punggung pemain. Ivar Jenner menggunakan nomor punggung 8, Ragnar Oratmangoen yang merupakan penyerang memakai nomor punggung 6. Asnawi yang biasa menggunakan nomor 14 berganti menjadi nomor 18, hal serupa juga dilakukan Marselino Ferdinan yang di laga ini memakai nomor punggung 8.

Sedangkan Tanzania di laga ini juga melakukan sejumlah uji coba dengan memainkan pemain muda seperti Edwin Balua, Miano van den Bos hingga Morice Abraham. Meski begitu, sejumlah pemain utama tetap diturunkan seperti Himid Mao Mkami, Charles M’Mombwa hingga Waziri Junior Shentembo. Sama dengan Timnas Indonesia, Tanzania juga memberi kesempatan pada para pemain pengganti untuk unjuk gigi.

Sebagai informasi, bagi kedua negara, pertandingan ini merupakan pemanasan jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026. Setelah melawan Tanzania, Timnas Indonesia akan menghadapi Irak, Kamis (6/6/2024) dan Filipina, Selasa (11/6/2024). Sedangkan Tanzania akan menghadapi Zambia, Selasa (11/6/2024).

Untuk itu, Timnas indonesia yang awalnya mengajukan laga ini sebagai uji coba resmi FIFA membatalkan niat tersebut. Pelatih kepala tim Shin Tae-yong dan Asnawi Mangkualam menilai laga esok akan dijadikan bahan evaluasi dan penguatan performa serta melihat peningkatan fisik para pemain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya