SOLOPOS.COM - Pemain belakang PSIS Semarang, Wahyu Prasetyo (belakang, nomor dua dari kanan) mendapat kesempatan menjalani laga internasional keduanya saat Timnas Indonesia beruji coba dengan Libya di Antalya, Turki, Selasa (2/1/2024) lalu. (pssi.org)

Solopos.com, ANTALYA — Pemain belakang PSIS Semarang, Wahyu Prasetyo mendapat kesempatan menjalani laga internasional keduanya saat Timnas Indonesia beruji coba dengan Libya di Antalya, Turki, Selasa (2/1/2024) lalu.

Sayangnya laga itu berakhir dengan kekalahan 0-4 untuk Tim Garuda.

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Sayangnya, gol perdana Libya berawal dari kesalahan Wahyu Prasetyo mengantisipasi umpan pemain lawan.

Bola yang lepas dari Wahyu menuju ke kapten Libya, Ahmed Ekrawa, yang langsung ditendang ke gawang kiper Syahrul Trisna.

Meski kalah, Wahyu yang dijuluki Hulk oleh teman-temannya karena bertubuh tinggi besar layak berbangga hati.

Ini adalah kali pertama dirinya masuk sebagai starter bagi Timnas Indonesia.

Pada babak kedua ia digantikan pemain naturalisasi, Justin Hubner.

Bos PSIS Semarang, Yoyok Sukawi, mengatakan kualitas dari bek berusia 25 tahun ini tidak kalah dibandingkan nama-nama seperti Jordi Amat hingga Rizky Ridho.

“Wahyu Prast memang sudah siap bersaing, saya yakin dia akan beri yang terbaik, fokus dan semangat Wahyu,” ujar Yoyok Sukawi kepada Solopos.com, Rabu (3/1/2024).

Dengan menjadi starter di laga melawan Libya, Wahyu Prasetyo mencatatkan penampilan keduanya bersama Timnas Indonesia.

Mantan pemain Persik Kendal ini mencatatkan debutnya bersama Timnas Indonesia kala berhadapan dengan Turkmenistan dalam FIFA matchday di Surabaya, Jawa Timur beberapa waktu lalu.

Saat Timnas dihajar Libya dengan skor telak 0-4 dalam laga yang digelar di Mardan Sports Complex, Antalya, Wahyu Prasetyo berduet dengan Rizky Ridho di babak pertama.

Gol dari Libya  dicetak oleh Ahmed Ekrawa di menit ke-25, Omar Al Khoja di menit ke-58 dan Nour Al Din Ahmed Mohammed Al Qulaib di menit ke-89 memanfaatkan kesalahan Justin Hubner di lini belakang.

Satu gol lainnya dicetak oleh Alaa Al-Qajdar di injury time babak kedua.

Timnas Indonesia menurukan dua tim berbeda di setiap babak. Hanya Syahrul Trisna di bawah mistar yang bermain penuh selama 90 menit.

Timnas Indonesia masih akan kembali berhadapan dengan Libya, Jumat (5/1/2024) di lapangan yang sama.

Setelahnya, Timnas Indonesia akan berangkat ke Qatar untuk melakoni uji coba melawan Iran sempat hari berselang.

Saat ini, Timnas Indonesia sedang menggelar pemusatan latihan (TC) di Turki mulai 20 Desember 2023 sampai 6 Januari 2024 dan akan dimanfaatkan Shin Tae-yong untuk membentuk tim yang tangguh.

Dalam TC ini, sebanyak 29 pemain dipanggil dan nantinya akan disisakan 26 nama untuk dibawa ke Piala Asia 2023 yang akan dimulai pertengahan Januari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya