SOLOPOS.COM - Bola resmi Euro 2024 bernama Fussballliebe. (Istimewa/uefa.com).

Solopos.com, JAKARTAUEFA meluncurkan bola resmi untuk putaran final Euro 2024 yang akan digelar di Jerman pada 14 Juni-14 Juli mendatang bernama Fussballliebe.

Sebagai informasi, Euro 2024 akan berlangsung di sepuluh kota tuan rumah di Jerman, meliputi Berlin, Cologne, Dortmund, Düsseldorf, Frankfurt, Gelsenkirchen, Hamburg, Leipzig, Munich, dan Stuttgart.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Dikutip Solopos.com dari laman resmi UEFA, uefa.com, Kamis (23/11/2023), desain bola dari Adidas ini terinspirasi oleh kegembiraan sepak bola dan energi turnamen.

Bola tersebut memiliki teknologi Connected Ball Technology, fitus yang digunakan kali pertama di UEFA EURO.

Teknologi ini memberikan wawasan yang belum pernah terjadi sebelumnya ke setiap elemen pergerakan bola dan berkontribusi pada proses pengambilan keputusan wasit video UEFA.

Kulit luar bola didukung oleh CTR-Core di dalamnya yang dirancang untuk akurasi dan konsistensi, mendukung permainan yang cepat, tepat, dengan retensi bentuk dan udara maksimum.

Fussballliebe diresmikan oleh UEFA dan Adidas dalam acara khusus di depan Olympiastadion Berlin 15 November 2023 lalu.

Dalam bahasa Jerman, Fussballliebe berarti cinta sepak bola.

Desain bola ini mencerminkan pergerakan bola dan energi permainan melalui bentuk sayap hitam yang menonjol dengan tepi berwarna, lengkungan, dan titik-titik yang berwarna.

Penggunaan warna merah, biru, hijau, dan oranye yang mencolok merayakan kedua vibransi yang dibawa oleh negara-negara peserta ke turnamen dan kesederhanaan murni sepak bola yang begitu dicintai oleh penggemar di seluruh dunia.

Ilustrasi dari setiap stadion turnamen muncul di bola bersama dengan nama setiap kota tuan rumah.

Selain menggunakan poliester daur ulang dan tinta berbasis air, Fussballliebe terbuat dari bahan bio yang lebih berkelanjutan daripada bola resmi Adidas sebelumnya.

Setiap lapisan bola telah disesuaikan untuk mencakup bahan seperti serat jagung, tebu, bubur kayu, dan karet.

kapan euro 2024 dimulai, bola resmi euro 2024 adidas fussballliebe
Ilustrasi Euro 2024. (Istimewa/uefa.com).

Direktur Teknis dan Kepala Sepak Bola UEFA Zvonimir Boban memastikan setiap aspek, dari tempat hingga peralatan mematuhi standar kualitas di kinerja tertinggi.

“Kejuaraan Euro merupakan puncak kompetisi tim nasional di Eropa. Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa setiap aspek, dari tempat hingga peralatan, mematuhi standar kualitas dan kinerja tertinggi. Kami yakin, seperti biasa, bahwa Fussballliebe dari Adidas akan menandai langkah lain dalam dedikasi bersama kami untuk keunggulan,” kata dia.

Sementara itu, Wakil Presiden Produk dan Desain Adidas Football Sam Handy menceritakan asal mula ide pembuatan bola Fussballliebe.

“Ketika merancang bola resmi ini, kami terinspirasi oleh energi dan keragaman turnamen serta cinta yang dimiliki Eropa terhadap sepak bola. Dengan itu dalam pikiran, kami berharap Fussballliebe akan membawa kegembiraan di mana pun itu ditendang,” ujar Sam Handy.

Pada acara peresmian Fussballliebe, digelar pula kegiatan di Olympiastadion Berlin selama lima hari seperti pertarungan freestyle dan kegiatan pemberian kesempatan bagi penggemar mencoba bola Fussballliebe. Kegiatan itu diikuti mantan legenda Euro

Selain itu ada roadshow bola Fussballliebe ke sembilan kota tuan rumah Euro 2024. Setiap kota tuan rumah menerima 900 bola tambahan untuk didonasikan secara lokal kepada sekolah, klub sepak bola, dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya