SOLOPOS.COM - Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, kalah dari wakil Denmark, Viktor Axelsen, Jumat (15/12/2023), sehingga tersingkri dari BWF World Tour Finals 2023. (Ist/PBSI)

Solopos.com, HANGZHOU — Pebulu tangkis peringkat 1 dunia asal Denmark, Viktor Axelsen memenangi BWF World Tour Finals 2023 menang atas wakil China Shi Yu Qi dua gim langsung 21-11, 21-12, Minggu (17/12/2023) kemarin.

Axelsen mengatakan kemenangannya atas tuan rumah itu menjadi modal kuat untuk menjalani turnamen tahun mendatang.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

“Saya sangat bangga dan sangat lelah. Tahun 2023 saya sungguh luar biasa. Tahun ini juga diwarnai dengan kekecewaan besar,” ungkap Axelsen, seperti dikutip Solopos.com dari Antara, Senin (18/12/2023).

Kekecewaan itu merujuk pada kekalahannya di All England dan Kejuaraan Dunia 2023 Denmark.

Tetapi sebagai olahragawan profesional, dua kekalahannya itu menjadi pelecut untuk bangkit.

Karena itu, kemenangannya di BWF World Tour Finals 2023 menjadi sesuatu yang luar biasa.

“Seorang olahragawan hebat bangkit dan pulih dari pengalaman mengecewakan. Dan itulah yang berhasil saya lakukan,” tambahnya.

Sebagai informasi, tunggal putra peringkat satu dunia Viktor Axelsen memenangi laga final sekaligus gelar ketiga WTF secara beruntun seusai menang atas wakil China Shi Yu Qi dua gim langsung 21-11, 21-12, Minggu.

Sementara itu, tunggal putri asal China Tai Tzu Ying juga tampil sebagai yang terbaik dalam ajang tersebut.

Tai menang atas peraih emas Olimpiade 2016 Rio Carolina Marin dari Spanyol di babak final melalui laga rubber game 12-21, 21-14, 21-18.

Tai Tzu Ying yang mengalahkan wakil Indonesia Gregoria Mariska di fase grup itu menilai kemenangannya menjadi motivasi untuk bangkit setelah tahun yang cukup penuh dinamika untuknya.

“Saya belum bisa berlatih dengan baik sebelum datang ke sini (WTF), jadi persiapan dan performa saya di sini kurang maksimal. Tetapi ketika saya melihat penampilan luar biasa dari Carolina Marin dan Chen Yufei, saya berkata pada diri sendiri bahwa saya harus mengertakkan gigi dan melakukan yang terbaik untuk bisa bersaing,” ujarnya.

Sementara itu, di sektor ganda putra, juara dunia 2023 asal Korea Selatan Kang Min Hyuk/Seo Seung Jae mengalahkan pasangan China Liang Weikeng/Wang Chang 21-17, 22-20 untuk merebut gelar ganda putra.

Di nomor ganda putri pasangan tuan rumah Chen Qing Chen/Jia Yi Fan menang atas pasangan Korea Selatan Baek Ha-na dan Lee So-hee 21-16, 21-16.

Lalu di ganda campuran, gelar juara jatuh ke tangan Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong setelah mengalahkan rekan satu negaranya Feng Yan Zhe/Huang Dong Ping 21-11, 21-18 di babak final.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya