SOLOPOS.COM - Pasangan ganda putri SL3-SU5 Indonesia Leani Ratri Oktila (kiri) Khalimatus Sadiyah (kanan) dalam semifinal FOX’S Indonesia Para Badminton International di Sritex Arena, Solo Jawa Tengah, Sabtu (9/9/2023). (Istimewa/NPC Indonesia)

Solopos.com, SOLO – Indonesia mendominasi partai final FOX’S Indonesia Para Badminton International 2023 yang akan berlangsung di GOR Sritex Arena, Solo, Minggu (10/9/2023).

Dari 17 nomor yang dipertandingkan, Indonesia berpeluang meraih 14 medali emas dan mempertahankan gelar juara umum. Bahkan, di sejumlah sektor, Indonesia sudah memastikan medali emas setelah adanya all Indonesian final.

Promosi Antara Tragedi Kanjuruhan dan Hillsborough: Indonesia Susah Belajar

 Salah satu all Indonesian final di nomor ganda campuran SL 3 – SU 5. Di partai puncak, unggulan pertama Hikmat Ramdani/Leani Ratri Oktila akan berjumpa dengan Fredy Setiawan/Khalimatus Sadiyah.

Hikmat/Ratri menjejakkan kaki di babak final seusai mengalahkan pasangan Turki, Ilker Tuzcu/Halime Yildiz di semifinal dengan skor 21-12, 21-8. Sementara Fredy/Khalimatus melaju ke final setelah menghentikan rival senegera Hafizh Briliansyah Prawiranegara/Syakuroh Qonitah Ikhtiar lewat pertarungan dua game 21-16, 23-21.

“Pertandingan semifinal melawan Hafizh/Syakuroh tidak berlangsung mudah karena kami tidak langsung menemukan permainan terbaik di awal laga. Di gim kedua, kami sebenarnya sudah bisa langsung panas tetapi banyak kecolongan poin dari serve dan return serve Hafizh sehingga sempat tertinggal 17-19 sebelum akhirnya bisa membalikkan keadaan,” kata Khalimatus setelah laga.

Sementara itu, Fredy mengatakan, bertemu Hikmat/Ratri di babak final menjadi ujian tersendiri bagi dirinya dan Khalimatus. Mentalitas dan kerjasama tim akan menjadi faktor penentu siapa yang berhak meraih medali emas.

Selain di nomor Ganda Campuran SL 3 – SU 5, all Indonesian final pada FOX’S Indonesia Para Badminton International 2023 juga akan tersaji di sektor tunggal SH 6. Dimas Tri Aji sukses membuat kejutan usai mengalahkan pemain unggulan pertama di nomor ini, Hector Jesus Salva Tunque di semifinal. Meski mengaku tidak dalam kondisi fisik prima, Dimas masih sanggup mengalahkan Hector Jesus dengan hasil akhir 21-12, 21-15.

“Saya sedang kurang sehat karena flu, tetapi tetap berusaha memberikan kemampuan terbaik melawan Jesus. Dia lawan yang bagus tetapi saya bisa bermain lebih tenang dan hanya fokus mendapatkan poin demi poin,” kata Dimas.

Di laga pamungkas tunggal SH 6, Dimas dinanti kompatriotnya, Rina Marlina. Tunggal putri dan ganda campuran SH 6 peringkat satu dunia itu sudah lebih dahulu menginjakkan kaki di final usai menyudahi perlawanan rekan senegaranya, Irianti Yunia Widya, dua game langsung 21-2, 21-7.

Sementara itu, pada klasifikasi tunggal putri kursi roda WH 2, Indonesia menempatkan satu wakil di final yaitu Katarina Dwi Putri Kristianti usai mengandaskan unggulan kedua Ruchi Trivedi asal India dengan skor 21-4, 21-13. Kemenangan Katarina, selain mengantarkannya berlaga di babak pamungkas, juga berhasil mencegah terjadi all India final di sektor ini.

Pada partai puncak, Katarina akan menghadapi Alphia James yang berstatus atlet unggulan pertama di FOX’S Indonesia Para Badminton International 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya