SOLOPOS.COM - Pelatih Persib Bandung, Luis Milla. (Antara/ I.C.Senjaya)

Solopos.com, SOLO–Terdapat sejumlah fakta di balik mundurnya pelatih kepala Persib Bandung Luis Milla pada awal kompetisi Liga 1 2023/2024.

Mantan pelatih timnas Indonesia itu resmi mengundurkan diri dari kursi pelatih beberap jam setelah pertandingan Persib Bandung vs Dewa United yang berakhir imbang 2-2 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Jumat (14/7/2023) lalu.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Hasil itu merupakan hasil seri ketiga beruntun yang diraih Maung Bandung pada awal Liga 1 2023 ini. Namun, pelatih asal Spanyol itu mundur bukan karena hasil kurang bagus itu.

Alasan utama Luis Milla mundur dari kursi pelatih Persib Bandung termasuk salah satu fakta yang terungkap. Berikut sejumlah fakta di balik mundurnya Luis Filla sebagai pelatih Persib Bandung:

1. Alasan Personal

Dikutip dari laman resmi operator Liga 1, ligaindonesiabaru.com, Minggu (16/7/2023), Luis Milla mengaku mundur karena alasan pribadi.

Dia harus pulang ke Spanyol dalam waktu lama. Keputusan ini cukup mengejutkan pihak manajemen Persib.

“Saya harus meninggalkan klub Persib karena alasan personal. Menurut saya, waktu dan perjalanan yang dilalui bersama Persib sudah berjalan dengan baik dan penuh kasih sayang dan penuh kecintaan dari semua aspek di klub,” kata Luis Milla.

2. Pelatih klub Liga 1 yang pertama mundur musim ini

Fakta selanjutnya, Luis Milla adalah pelatih pertama klub kontestan Liga 1 pada musim 2023/2024 yang mundur dari timnya, Persib Bandng.

Selama bersama tim kebanggaan masyarakat Bandung sejak 22 Agustus 2022, Luis Milla mempersembahkan 17 kemenangan, tujuh kali imbang, dan enam kali kalah.

Pada Liga 1 musim lalu, pelatih kepala timnas Indonesia pada 2017 dan timnas U-23 pada 2018 itu membawa Persib Bandung ke papan atas.

Maung Bandung finis ketiga dengan perolehan 62 poin hasil dari 34 laga di mana 19 pertandingan menang, lima kali seri, dan 10 kali kalah.

3. 2 anggota staf asing ikut mundur

Fakta lainnya, mundurnya Luis Milla dari kursi pelatih Persib Bandung diikuti dua anggota staf pelatih lain asal Spanyol yakni Manuel Cascallana (asisten pelatih) dan Carlos Rodriguez).

Mundurnya kedua orang tersebut diumumkan melalui akun media sosial resmi klub dengan mengunggah foto keduanya dengan diberi keterangan ucapan terima kasih atas pengandian mereka kepada Persib Bandung.

Deputy CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahjono mengatakan menyebut Luis Milla dan dua asisten adalah satu kesatuan sehingga ketika Luis Milla mundur maka dua asisten mundur juga.

“Karena memang para asisten adalah satu kesatuan dengan Luis Milla, maka semuanya akan mundur,” kata Teddy.

4. Keputusan sangat mendadak

Fakta lain lain yang terungkap di balik mundurnya Luis Milla dari kursi pelatih Persib Bandung adalah keputusannya itu mendadak sehingga cukup mengjutkan manajemen.

Deputy CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahjono menyampaikan kepergian Luis Milla terbilang sangat mendadak. Namun ia harus menghargai keputusan yang diambil mantan pelatih Real Zaragoza itu.

5. Dipegang pelatih caretaker

Mundurnya Luis Milla membuat kursi pelatih kepala Persib Bandung kosong untuk sementara waktu. Pada pertandingan pekan keempat lanjutan Liga 1 2023/2024, Persib Bandung menunjuk Yaya Sunarya sebagai pelatih sementara atau caretaker.

Dia akan dibantu Bayu Eka Sari dan Luizinho Passos. Manajemen Persib Bandung berharap segera mendapatkan pelatih pengganti Luis Milla.

“Untuk sementara Pak Yaya [jadi pelatih sementara] kita sudah diskusikan. Direksi dan komisaris memutuskan Pak Yaya untuk menjadi caretaker sementara sampai ada pelatih kepala yang baru,” ulas Deputy CEO PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahjono.

Demikian lima fakta di balik mundurnya Luis Milla dari kursi pelatih Persib Bandung pada awal kompetisi Liga 1 2023/2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya