SOLOPOS.COM - Pemain Chelsea Enzo Fernandez (Instagram/enzojfernandez).

Solopos.com, SOLO–Amunisi anyar Chelsea Moises Caicedo memecahkan rekor transfer termahal di Premier League atau Liga Premier Inggris.

Pemain 21 tahun asal Ekuador itu ditebus dengan mahar senilai 115 juta poundsterling atau sekitar Rp2,23 triliun. Nilai transfer itu memecahkan rekor yang sebelumnya diciptakan rekan setimnya Enzo Fernandez pada Januari 2023 lalu.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Saat itu, pemain Argentina itu ditebus Chelsea dengan mahar senilai 106,6 juta poundsterling atau Rp2,072 triliun.

Rekor pemain termahal di Liga Inggris sebelumnya pernah tercipta. Berikut lima pemain yang pernah tercatat sebagai pemain termahal di Liga Inggris yang dikutip Solopos.com dari sejumlah sumber, Jumat (18/8/2023):

1. Moises Caicedo, 115 juta poundsterling (setara Rp2,23 triliun)

Awalnya Brighton membandrol Caicedo seharga Rp1,95 triliun. Tetapi Liverpool kemudian memenangkan lelang untuk Moises Caicedo senilai Rp 2,14 triliun.

Namun, sang pemain menolak pindah ke Anfield dan memilih ke Stamford Bridge yang rela membayar ke Brighton senilai Rp2,23 triliun.

2. Enzo Fernandez  106.5 juta poundsterling (setara Rp2,072 triliun)

Enzo Fernandez merupakan pemegang rekor pemain termahal Liga Inggris sebelum Moises Caicedo. Chelsea memboyong gelandang Argentina dari Benfica senilai sekitar Rp2,072 triliun.

Harga tinggi membuat pemilik Chelsea Todd Boehly melakukan tarik ulur. Setelah tarik ulur panjang, Todd Boehly akhirnya menandai ambisi besarnya di Chelsea memecahkan rekor Premier League dengan menebus klausul rilis Enzo Fernandez pada Januari 2023 lalu senilai Rp 2,072 triliun.

3. Declan Rice, 105 juta poundsterling (setara Rp2,044 triliun)

Declan Rice juga masuk dalam jajaran pemain termahal di Liga Inggris setelah Arsenal mendatangkan gelandang 24 tahun dari West Ham itu dengan transfer senilai Rp2,044 triliun.

4. Jack Grealish 100 juta poundsterling (setara Rp1,95 triliun)

Jack Grealish pernah mencatatkan sebagai pemain Inggris termahal di dunia pada 2021 lalu. Itu terjadi ketika Manchester City menebusnya senilai Rp1,95 triliun dari Aston Villa.

Saat itu, dia mendapat cibiran karena harganya yang dianggap tidak seusai dengan kualitasnya. Harga Jack Grealish selangit buntut dari pembelian Nathan Ake oleh Manchester City dari tim yang terdegradasi, Bournemouth dengan harga mahal.

Hal itu membuat Aston Villa menuntut bayaran 1,95 triliun untuk Jack Grealish saat The Citizens membelinya pada 2021.

5. Romelu Lukaku, 97 juta poundsterling (setara Rp1,89 triliun)

Lukaku pernah menjadi pemain termahal di Liga Inggris saat Chelsea menebusnya dari Inter Milan senilai Rp1,89 triliun. Namun, Lukaku tak bersinar di Stamford Bridge.

Dia kemudian cabut dari Chelsea. Pemain berjuluk  Big Rom ini juga menyatakan ogah kembali ke Chelsea.

Itulah lima pemain yang pernah mencatatkan sebagai pemain termahal di Liga Inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya