SOLOPOS.COM - Suasana upacara pembukaan Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (10/11/2023). (ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/tom.)

Solopos.com, SURABAYA-Digelarnya opening ceremony atau acara pembukaan Piala Dunia U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya yang berdurasi delapan menit, Jumat (10/11/2023), menandai terciptanya sejarah baru untuk Indonesia.

Bahkan, Indonesia menorehkan beberapa rekor. Ini adalah kali pertama Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17. Indonesia juga menjadi negara di Asia Tenggara pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

Selain itu, Indonesia adalah penyelenggara Piala Dunia U-17 pertama yang membuka turnamen dengan opening ceremony.

Ini bisa terjadi lantaran FIFA sebenarnya tidak memperkenankan ada opening ceremony di Piala Dunia U-17 lantaran bukan kejuaraan major.

Namun, berkat lobi yang baik Indonesia akhirnya dibolehkan menggelar opening ceremony tetapi hanya delapan menit.

Sejarah ini semakin manis lantaran pembukaan turnamen dua tahunan ini bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan.

Acara pembukaan dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama cucunya, Jen Ethes, Presiden FIFA Gianni Infantino, dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Opening ceremony menyajikan hiburan berupa permainan lampu, modern dance, dan penampilan dua artis Indonesia, Aurelie Moeremans dan Wika Salim.

Meski hanya berlangsung singkat, tetapi acara garapan Wishnutama Kusubandio itu dapat menghibur 40.000 penonton yang hadir di stadion.

“Sebagai warga Gresik saya bangga bisa menyaksikan upacara pembukaan Piala Dunia U-17 di Stadion GBT. Baru kali ini, GBT bisa semeriah ini, dan saya berdoa agar timnas bisa main bagus dan wani menang,” ujar warga Driyorejo, Gresik Selatan, Suprapto, yang sejak pukul 15.00 WIB sudah hadir di GBT melalui rilis Media Center Piala Dunia U-17 yang diterima Solopos.com.

Seremoni pembukaan Piala Dunia U-17 diawali tarian pembuka yang diikuti 20 penari. Setelah itu, tersaji lagu-lagu medley No Comment-Rungkad yang dilantunkan Aurelie dan Wika Salim.

Lagu Bersama Garuda (We are Together) yang dinyanyikan Wika dan 20 penari menjadi sajian penutup.

Wishnutama mengaku mendapat banyak masukan ide kreatif dari Erick Thohir dan Presiden Jokowi dalam membuat acara pembukaan Piala Dunia U-17.

“Hal ini sangat berarti, menunjukkan betapa pentingnya acara pembukaan Piala Dunia U-17 spesial buat Indonesia. Saya dan tim bersyukur seremoni pembukaan yang delapan menit ini berjalan lancar dan membuat Indonesia bangga,” ujar mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya