SOLOPOS.COM - Habil Akbar pemain Timnas U-17 Indonesia dari Sragen. (Instagram/habilakbar_).

Solopos.com, SOLO–Warga Sragen patut berbangga lantaran salah satu putra terbaik daerah tersebut menjadi pemain Timnas U-17 Indonesia yang berlaga di Piala Dunia U-17 2023.

Adalah Habil Akbar yang membuat bangga masyarakat Sragen, meski skuad Garuda Asia mencatatkan hasil kurang memuaskan di babak penyisihan Grup A.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Habil dan kawan-kawan berada di peringkat tiga klasemen akhir Grup A dan peluangnya sangat kecil untuk lolos ke babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023.

Berikut ini ulasan tentang sepak terjang Habil Akbar di timnas.

Habil bernomor punggung 20 beroperasi sebagai bek kiri. Pemain 17 tahun ini anak sulung dari pasangan Barkah Kus Raharja dan Meiana.

Dia tumbuh dan dibesarkan di Kampung Kauman, Kelurahan Gemolong, Kecamatan Gemolong, Sragen, Jawa Tengah.

Pemain bernama lengkap Habil Abdilllah Yafi Prasasti Akbar ini lahir di Sragen pada 25 Mei 2006.

Pemain bertinggi badan 1,7 meter ini merupakan pemain Bhayangkara Presisi Indonesia FC U-18.

Habil mengawali bermain sepak bola di PSB Bonansa Solo pada 2012 lalu. Di Solo, kota yang berjarak puluhan kilometer dari rumahnya, Habil mengenal dan menimba ilmu sepak bola.

Habil lantas bergabung ke PPLP Jawa Tengah. Performa bagusnya membuat Habil direkrut Bhayangkara FC U-16 pada 2021 hingga 2022.

Sebelum bergabung dengan Timnas U-17 Indonesia untuk Piala Dunia U-17, Habil kali pertama bergabung ke Timnas U-16 Indonesia.

Dia bersama Arkhan Kaka membawa Timnas U-16 Indonesia menjuarai Piala AFF 2022. Saat itu skuad Garuda Muda mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Dia bermain sebanyak empat kali selama bersama Timnas U-16 dengan debut pada Juli 2022.

Setelah itu, Habil kembali mendapat kehormatan masuk ke Timnas U-17 Indonesia yang menjalani kaulifikasi Piala Asia U-17 2023, Oktober 2022.

Habil debut di Timnas U-17 pada 3 Oktober 2022. Total dia bermain tujuh kali dan mencetak dua gol.

Kedua gol tersebut dicetaknya dalam pertandingan persahabatan melawan Timnas U-17 Palestina pada Oktober 2022.

Proses gol Habil cukup membuat penonton takjub. Dia melepaskan tendangan lambung yang tampak seperti umpan. Tetapi tembakannya justru mengalir lebih deras dan mengarah ke gawang Palestina dan terjadi gol.

Setelah laga ini, nama Habil semakin moncer lewat gol ke gawang Palestina itu.

Sayang, Habil dan kolega gagal lolos ke putaran final Piala Asia U-17 2023 setelah berada di peringkat dua Grup B dengan sembilan poin dari empat pertandingan.

Ketika itu, Indonesia kalah bersaing dengan tim lain dalam usaha lolos ke putaran final lewat jalur runner up terbaik yang hanya tersedia enam slot.

Itu lantaran Indonesia kalah telak 1-5 dari Malaysia di laga terakhir Grup B.

Tak berhenti sampai di situ. Permainan apik Habil membuat Bima Sakti kembali memberi kepercayaan kepadanya untuk masuk ke Timnas U-17 Indonesia yang berlaga di Piala Dunia U-17 2023.

Tim ini dibentuk setelah Indonesia ditunjuk FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 pada Juni 2023 lalu.

Itulah sepak terjang Habil Akbar, pemain Timnas U-17 Indonesia asal Sragen.



 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya