SOLOPOS.COM - Pesepak bola Timnas Indonesia Ramadhan Sananta (kanan) berselebrasi dengan rekannya Justin Hubner usai mencetak gol ke gawang Timnas Vietnam dalam laga keempat kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Selasa (26/3/2024). (Antara/HO-PSS)

Solopos.com, SOLO — Piala Dunia 2026 menjadi sejarah baru karena jumlah peserta berubah dari 32 negara menjadi 48 negara.

Indonesia yang sedang menjalani kualifikasi mempunyai peluang lantaran kuota untuk Asia di Piala Dunia 2026 menjadi delapan plus satu play off antarkonfederasi.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Apalagi, skuad Garuda saat ini berisi pemain-pemain berkualitas seiring bergabungnya sejumlah pemain keturunan yang berlaga di Eropa seperti Thom Haye, Jay Idzes, Nathan Tjoe Aon, dan lain-lain.

Timnas Indonesia harus menempuh jalan panjang untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026. Sebab, ada lima tahapan babak kualifikasi yang harus dilewati.

Babak Pertama

Perjalanan Timnas Indonesia dimulai dari babak pertama kualifikasi karena termasuk kategori 20 negara berperingkat FIFA terendah di Asia.

Ketika drawing babak kualifikasi digelar, Skuad Garuda berada di posisi ke-150 dunia atau urutan ke-28 negara Asia dengan peringkat FIFA terbaik.

Hanya 26 negara dengan peringkat terbaik yang bisa lolos langsung ke putaran kedua.

Pada putaran pertama, Indonesia mengalahkan Brunei Darussalam dua kali dengan sistem tandang dan kandang.

Babak Kedua

Setelah menang atas Brunei, Timnas Indonesia melaju ke putaran kedua babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Di babak ini ada 36 tim sehingga dibagi menjadi sembilan grup.

Indonesia masuk Grup F bersama Irak, Vietnam, dan Filipina. Di babak kedua Gruf F Indonesia saat ini mengumpulkan tujuh poin dan berpeluang melaju ke babak ketiga.

Asnawi Mangkualam dkk. hanya butuh satu kali kemenangan untuk menyegel satu tiket ke babak selanjutnya.

Untungnya, dua pertandingan sisa dimainkan di kandang menghadapi Irak dan Filipina pada Juni mendatang.

Dengan 11 pemain naturalisasi yang kini dimiliki, Indonesia berpeluang besar lolos ke babak ketiga Piala Dunia 2026.

Babak Ketiga

Di babak ketiga bakal ada 18 tim yang bakal berlaga. Ke-18 tim tersebut merupakan juara dan runner up seleksi babak kedua.

Pada babak ini, 18 tim akan dibagi menjadi tiga grup dengan sistem kompetisi penuh. Dua tim paling atas klasemen akan lolos otomatis ke Piala Dunia 2026. Peringkat ketiga dan keempat akan berlanjut ke babak keempat kualifikasi sedangkan peringkat ke- dan ke-6 otomatis gugur.

Babak Keempat

Pada babak keempat, enam tim yang merupakan peringkat 3 dan 4 babak sebelumnya dibagi menjadi dua grup yang masing-masing berisi tiga tim.

Laga dimainkan di tempat netral dan masing-masing tim akan saling berhadapan dalam sekali laga. Juara grup lolos ke Piala Dunia sedangkan runner up masing-masing grup akan masuk ke babak kelima kualifikasi.

Babak Kelima

Pada babak kelima, kedua tim akan saling berhadapan dalam dua leg. Tim yang menang lolos ke Piala Dunia sedangkan yang kalah akan bermain dalam play antarkonfederasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya