SOLOPOS.COM - Selebrasi pelari Saptoyogo Purnomo setelah finis terdepan di nomor 200m T37 putra para atletik Asian Para Games Hangzhou 2022 di Huanglong Sports Center Stadium, Hangzhou, China, Rabu (25/10/2023). Saptoyogo berhasil meraih medali emas dengan catatan waktu 23.34 detik. (Antara/HO/NPC Indonesia/Agung Wahyudi).

Solopos.com, SOLO–Daftar atlet Indonesia peraih medali Asian Para Games Hangzhou 2022 yang digelar 22-28 Oktober 2023.

Kontingen Indonesia meraih ranking enam di klasemen perolehan medali Asian Para Games Hangzhou 2022 dan menjadi yang terbaik di Asia Tenggara.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Indonesia meraih total 95 medali yang terdiri atas 29 emas, 30 perak, dan 36 perunggu. Capaian itu melampaui target yang ditetapkan pemerintah.

Sebelumnya, pemerintah memasang target finis di 10 besar dengan 19 medali emas, 23 perak, dan 25 perunggu.

Atas capaian itu, pemerintah memastikan akan memberi rumah bagi atlet peraih medali Asian Para Games Hangzhou.

Kepastian itu disampaikan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Dia menyebut hadiah rumah akan menjadi direalisasikan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Saya sudah kontak dengan Sekjen Kementerian PUPR, ada berita yang cukup bagus. Menteri PUPR Bapak Basuki Hadimuljono atas persetujuan dari Pak Presiden Joko Widodo akan memberikan bonus rumah untuk mereka yang mendapatkan medali,” kata Menko Muhadjir dalam keterangan resmi Komite Paralimpiade (NPC) Indonesia dikutip dari Antara, Senin (30/10/2023).

Lokasi hadiah rumah tinggal akan disesuaikan dengan domisili atlet. Muhadjir menyebut pemberian rumah tidak berdasarkan jumlah medali yang didapatkan, tetapi perorangan.

“Semua atlet yang meraih medali akan dapat bonus berupa rumah tinggal yang disesuaikan tempat domisili yang bersangkutan. Itu yang sudah ada kepastian,” ujar Muhadjir.

Selain itu, Menko PMK mengatakan bonus lain masih akan diperhitungkan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Dikutip Solopos.com dari laman resmi penyelenggara Asian Para Games Hangzhou, hangzhou2022.com.cn, Senin, medali Indonesia diraih dari 11 cabang olahraga (cabor) dari 12 cabor yang diikuti kontingen Merah Putih.

Cabor peraih medali meliputi panahan, atletik, badminton, boccia, catur, balap sepeda, judo, lawn bowls, powerlitfing, renang, dan tenis meja.

Cabor catur menyumbang medali emas paling banyak untuk Indonesia yakni 10 emas. Catur juga meraih tujuh perak dan delapan perunggu.

Medali emas diraih nomor beregu putri catur cepat PI RND 7 yang diperkuat Lilis Herna, Yuni Yula, dan Farta Simanja Nasip.

Medali emas juga diperoleh nomor beregu putri catur cepat VI-B2/B3 RND 7 yang diisi Khairunnisa, Yumna Budiarti Farah, dan Wijayanti Putri Brahmana Aisah.

Selain itu medali emas untuk Indonesia mampu diamankan oleh Khairunnisa di nomor individual catur cepat VI-B2/B3 RND 7.

Sementara itu, medali perak didapat Satrio Gayuh, Hartono Adji, dan Jumadi di nomor catur cepat beregu putra VI-B2/B3 RND7.

Perak lain juga datang dari nomor beregu VI-B1 RND7 yang diperkuat Tita Puspita, Halawa Yustina, dan Wilma Margareta Sinaga.

Lilis Herna Yulia juga mempersembahkan medali perak dari nomor individu PI RND7. Di nomor Rapid VI-B2/B3 RND7 putra, Gayuh Satrio juga mengamankan medali perak.

Sedangkan medali perunggu diraih oleh Yadi Sopian, Indra Yoga dan Fitriyanto Prasetyo di nomor beregu putra VI-B1 RND7.

Tim Indonesia di nomor PI RND7 yang diisi oleh Tirto, Maksum Firdaus, dan Alfrets Dien juga memperoleh medali perunggu.

Di kategori individu, Nasip Farta Simanja dan Tirto juga berhasil menambah pundi-pundi medali perunggu.

Daftar lengkap nama atlet Indonesia peraih medali emas, perak, dan perunggu di Asian Para Games Hangzhou dapat dilihat di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya