SOLOPOS.COM - Pemain Timnas Indonesia Elkan Baggott (kanan), Shayne Pattynama (kiri), Sandy Walsh (kedua kiri), dan Rafael Struick (kempat kiri) mengikuti sesi latihan di Lapangan A Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Senin (9/10/2023). Latihan itu digelar sebagai persiapan tampil di fase pertama Kualifikasi Piala Dunia 2023 melawan timnas Brunei Darussalam pada 12 dan 17 Oktober 2023. (Antara/Galih Pradipta)

Solopos.com, SOLO – Daftar pemain naturalisasi Indonesia termahal saat ini. Sandy Walsh yang merupakan pemain naturalisasi Indonesia yang berkiprah di kasta tertinggi Liga Belgia bersama KV Mechelen.

Ia menempati peringkat pertama daftar pemain naturalisasi Indonesia termahal saat ini. Nilai kontrak Sandy Walsh mencapai Rp34,8 miliar.

Promosi Primata, Permata Indonesia yang Terancam Hilang

Dikutip dari Transfermarkt.com, pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini juga menjadi pemain termahal Timnas Indonesia saat ini. Sayangnya, Sandy Walsh gagal mencatatkan debut bersama Timnas Indonesia pada Juni 2023 karena mengalami cedera.

Di urutan kedua daftar pemain naturalisasi Indonesia termahal, adalah Jordi Amat punya nilai pasar Rp17,38 miliar. Angka ini cukup wajar sebab Jordi Amat merupakan pemain yang pernah berlaga di liga-liga top Eropa.

Dia pernah membela Swansea City, Real Betis, Rayo Vallecano, hingga KAS Eupen. Kini, kualitas Jordi Amat masih diuji saat bersama klub besar Malaysia, Johor Darul Ta’zim.

Di posisi ketiga dalam daftar pemain naturalisasi Indonesia termahal ada nama Marc Klok. Menjadi rekrutan Persib Bandung pada tahun 2021 untuk mengarungi Liga 1, nilai Marc Klok juga cukup wajar sebab dia juga tulang punggung Timnas karena kontrobusinya yang cukup besar.

Tak heran jika Klok memiliki nilai pasar yang tinggi dan berstatus sebagai pemilik gaji pemain Persib tertinggi. Klok mempunyai nilai pasar Rp8,26 miliar.

Di posisi keempat daftar pemain naturalisasi Indonesia termahal, ada nama Shayne Pattynama. Pemain yang mentas di Liga Norwegia bersama Viking FK itu memiliki nilai pasar sekitar Rp6,95 miliar. Shayne Pattynama merupakan pemain naturalisasi yang dipanggil pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Kemudian, di urutan kelima daftar pemain naturalisasi Indonesia termahal ada Stefano Lilipaly. Dia memiliki nilai pasar sebesar Rp5,65 miliar.

Angka tersebut tidak mengherankan, selain mampu membawa Bali United meraih prestasi tertinggi di Liga 1, dia juga pernah menjadi bagian penting tim nasional Indonesia dalam beberapa tahun lalu. Lilipaly juga masih mencatatkan namanya di deretan atas penyumbang assist terbanyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya