SOLOPOS.COM - Pesepak bola Timnas Indonesia Ivar Jenner (kanan) berseleberasi setelah berhasil mencetak gol ke gawang Turkmenistan pada pertandingan group K kualifikasi Piala Asia U-23 AFC 2024 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (12/9/2023). (Solopos/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO–Indonesia bersama 15 tim lainnya sudah memastikan diri ke putaran final Piala Asia U-23 Qatar, 15 April-3 Mei 2024 mendatang, berikut daftar pot yang selanjutnya akan diundi untuk membentuk grup.

Timnas U-23 Indonesia mengukir sejarah dengan lolos ke Piala Asia U-23 untuk kali pertama. Indonesia merebut menyegel tiket ke putaran final setelah menjadi juara Grup K fase kualifikasi.

Promosi Pramudya Kusumawardana Bukti Kejamnya Netizen Indonesia

Hal itu dipastikan seusai timnas U-23 membekuk Turkmenistan dengan skor 2-0 di Stadion Manahan Solo pada Selasa (12/9/2023) malam.

Sebelumnya, Indonesia menang telak sembilan gol tanpa balas saat menghadapi China Taipei pada laga pertama, Sabtu (9/9/2023).

Poin sempurna 6 dari dua laga membuat Indonesia dipastikan menjadi juara Grup K dan lolos otomatis ke putaran final Piala Asia U-23 2024.

Total ada 16 tim yang akan berlaga di Piala Asia U-23 tahun depan. Ada empat negara Asean yang berhasil melenggang ke putaran final, yakni Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Indonesia.

Qatar otomatis lolos tanpa menjalani kualifikasi karena akan menjadi tuan rumah Piala Asia U-23 2024. Negara-negara elite Asia seperti Arab Saudi, Jepang, Korea Selatan, dan China pun sudah memastikan satu tiket ke putaran final.

Indonesia menempati pot 4 alias pot terakhir karena ranking FIFA yang terbilang rendah di antara negara-negara Asia lainnya.

Satu pot dengan Indonesia ada Malaysia, Tajikistan, dan China. Artinya, Garuda Muda akan terhindar dari tiga negara tersebut di fase grup Piala Asia U-23.

Namun, Indonesia harus sangat waspada karena mereka akan berjumpa dengan masing-masing satu tim dari tiap pot selain pot 4.

Itu berarti Indonesia berpeluang menghuni grup bersama tim-tim kuat di Asia, seperti Jepang di pot 1, Korea Selatan pot 2, Australia juga di pot 2, atau negara Asia Tenggara lainnya contohnya Thailand di pot 3.

Pot 1 yang berstatus tim unggulan, ada Qatar, Arab Saudi, Uzbekistan, dan Jepang. Belum lagi di Pot 2 yang dihuni oleh Australia, Korea Selatan, Irak, dan Vietnam.

Sementara itu Pot 3 ditempati oleh Thailand, Yordania, Uni Emirat Arab, dan Kuwait. Nantinya akan dilakukan drawing atau undian untuk menentukan pembagian grup Piala Asia U-23 2024 yang terdiri atas empat grup berisi empat tim setiap grup.

Belum ada informasi mengenai jadwal drawing Piala Asia U-23 2024, namun yang jelas turnamen akan bergulir pada 15 April-3 Mei 2024 di Qatar.

Berikut daftar negara yang lolos Piala Asia U-23 dan daftar pot:

Tim yang lolos

Slot tuan rumah:

  1. Qatar

Slot juara grup:

  1. Jordania (juara Grup A).
  2. Korea Selatan (juara Grup B).
  3. Vietnam (juara Grup C).
  4. Jepang (juara Grup D).
  5. Uzbekistan (juara Grup E).
  6. Irak (juara Grup F).
  7. Uni Emirat Arab/UEA (juara Grup G).
  8. Thailand (juara Grup H).
  9. Australia (juara Grup I).
  10. Arab Saudi (juara Grup J).
  11. Indonesia (juara Grup K).

Slot runner up terbaik:

  1. Kuwait (runner up terbaik I).
  2. Tajikistan (runner up terbaik II).
  3. China (runner up terbaik III).
  4. Malaysia (runner up terbaik IV).

Daftar pot

Pot 1:

  • Qatar.
  • Arab Saudi.
  • Uzbekistan.
  • Jepang.

Pot 2:

  • Australia.
  • Korea Selatan.
  • Irak.
  • Vietnam.

Pot 3:

  • Thailand.
  • Yordania.
  • Uni Emirat Arab.
  • Kuwait.

Pot 4:

  • Malaysia.
  • Tajikistan.
  • Indonesia.
  • China.

Demikian daftar pot yang akan diundi untuk menentukan grup di putaran final Piala Asia U-23 2024 Qatar.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Daftar Peserta dan Pembagian Pot Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda Debut”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya