SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kedua kiri) bersama cucunya Jan Ethes didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kiri) dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersorak saat timnas U-23 Indonesia mencetak gol pada laga melawan Turkmenistan dalam kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan Solo, Selasa (12/9/2023) malam. Indonesia menang 2-0. (Istimewa).

Solopos.com, SOLOTimnas U-23 Indonesia diyakini mampu bersaing di putaran final Piala Asia U-23 Qatar, 15 April-3 Mei 2024 mendatang.

Itu becermin dari hasil babak kualifikasi Grup K yang memuaskan. Skuad Garuda Muda mencetak 11 gol tanpa sekalipun kebobolan dalam dua laga yang dijalani melawan China Taipei dan Turkmenistan.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Indonesia memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 Qatar setelah menjadi juara Grup K dengan torehan enam poin di fase kualifikasi. Sebelumnya, Indonesia menghancurkan China Taipei 9-0.

Pada laga penentuan, Marselino Ferdinand dan kawan-kawan menumbangkan Turkmenistan dengan skor 2-0 di Stadion Manahan Solo, Selasa (12/9/2023) malam. Dua gol Indonesia dicetak oleh Ivar Jenner menit ke-40 dan Pratama Arhan pada menit 90+3.

Indonesia menjadi tim paling produktif di Grup K. Dari dua laga, Indonesia mencetak 11 gol dan sama sekali tak kebobolan.
Total ada sembilan pemain timnas yang berhasil mencetak gol meliputi Marselino Ferdinand, Ramadhan Sananta, Rafael Sturick, Witan Sulaeman, Ilham Rio, Elkan Baggott, Hokky Caraka, Pratama Arhan, dan Ivar Jenner.

Pelatih Shin Tae-yong mengucapkan selamat kepada seluruh pemain atas kemenangan ini. Menurutnya, semua pemain sudah mempersiapkan laga dengan baik.

“Secara keseluruhan pertandingan sangat baik. Sayangnya beberapa peluang gagal dimanfaatkan para pemain,” kata Shin seusai laga kontra Turkmenistan.

Pelatih asal Korea Selatan itu, skuad Garuda Muda mampu bersaing di Piala Asia mendatang. Namun, ia menyebut masih ada permalasahan mengingat sejumlah pemain seperti Pratama Arhan, Elkan Baggott, dan Rafael Struick bermain di luar negeri. Pemain perlu mendapatkan izin dari masing-masing klub agar bisa membela Merah Putih.

“Elkan, Rafael, atau Arhan apakah bisa dipanggil atau dilepas dari klub. Itu yang sangat penting di April. Kalau bisa dipanggil, saya yakin di Piala Asia bisa lebih baik,” ujar Shin Tae-yong.

Terkait dengan permainan, dia tidak pernah memberikan instruksi bahwa pemain yang harus mencetak gol adalah striker baik di laga China Taipei maupun saat kontra Turkmenistan. Selama ini, Shin Tae-yong dikenal sebagai sosok yang memberikan keluasaan bermain bagi pemain.

“Jadi selain kiper siapapun bisa mencetak gol. Saya selalu tegaskan agar fokus supaya pemain bisa cetak gol,” ujar dia.

Sementara itu, pemain tengah timnas U-23 Ivar Jenner mengatakan permainan tim sangat baik. Ia senang bisa mencetak satu gol.

“Saya sangat senang. Pertandingan melawan Turkmenistan lebih berat dari China Taipei tapi saya senang lolos ke Piala Asia,” kaya dia.

Menanggapi catatan gol, Ivar mengaku banyak belajar saat bergabung dengan timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong. Ia optimistis timnas U-23 akan lebih baik ke depan.

“Pertama kali saya datang ke sini, bermain dengan STY di under 20 [U-20], Champion Turkey dan Spain. Saya rasa saya belajar banyak tentang gaya bermain Indonesia, bagaimana kami bermain. Sekarang kami menuju Asian Cup. Kami bahagia, kami akan maju lagi, jadi, lets go,” ujar Ivar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya