SOLOPOS.COM - Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah) bersama pelatih Shin Tae-yong dan para pemain timnas U-23 berfoto bersama seusai menang 2-0 melawan Turkmenistan di Stadion Manahan Solo, Selasa (12/0/2023). Hasil itu memastikan Indonesia lolos ke putaran final. (Istimewa/PSSI)

Solopos.com, SOLO–Ketua Umum PSSI Erick Thohir memberi catatan untuk timnas U-23 Indonesia saat melawan Turkmenistan pada kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan Solo, Selasa (12/9/2023), yang berakhir 2-0 untuk kemenangan skuad Garuda Muda.

Menurut mantan Presiden Inter Milan itu, perlu ada pemain pelapis di lini tengah yang saat ini hanya ditempati dua pemain yakni Marselino Ferdinan dan Ivar Jenner.

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Erick Thohir merasa bangga timnas U-23 berhasil mengandaskan Turkmenistan dengan skor 2-0.

“Ya tentu kita harus bangga, senang ini sejarah kita masuk kejuaraan AFC U-23 [AFC Asian Cup U-23 atau Piala Asia U-23] di Qatar. Sejarah ya dan tadi disampaikan Pak Presiden juga, Turkmenistan sejak 2012 kayaknya enggak pernah menang [kemenangan pertama timnas U-23 atas Turkmenistan sejak 2011],” ujar Erick kepada wartawan seusai laga.

Lelaki yang juga Menteri BUMN itu menyebut masih ada kekurangan pada timnas U-23.

“Kita lihat di gelandang itu cuma ada Marselino, Ivar Jenner. Pas ada rotasi [pemain] kelihatan kita [ada celah di lini tengah]. Jadi memang itu saya bilang bahwa kita terus harus mencari pemain pelapis. Nah ini enapa saya berkali-kali [sampaikan] jangan terbuai sendiri, jangan kemenangan ini jadi euforia [berlebihan],” imbuh dia.

Erick ingin kemenangan atas Timnas Turkmenistan sebagai momentum untuk terus membangun timnas dari akar rumput.

“Bagaimana kemenangan ini justru membangun dari grassroot, ya. Dari usia 17 tahun, usia 20 tahun, usia 23 tahun. Kita bisa lihat juga banyak pemain ini yang juga masuk tim senior juga. Nah ini yang saya rasa menjadi catatan tersendiri buat kami di PSSI untuk terus mempersiapkan pemain,” ulas dia.

Erick menyampaikan pentingnya timnas mempunyai stok hingga 150 pemain, baik senior maupun U-17 dan U-23.

“Saya sudah sampaikan kita harus paling tidak punya stok 150 pemain untuk pemain senior, pemain U-23, U-17. Dan itu memang tidak mudah,” sambung dia.

Namun Erick bersyukur atas kemenangan timnas U-23 dan memastikan lolos ke putaran final Piala Asia U-23 di Qatar 2024.

“Tapi alhamdulillah apa pun catatan saya, saya rasa kita bersyukur. Tapi bulan April 2024 itu saya rasa tidak mudah kalau kita tidak mempersiapkan tim dengan benar,” ucap Erick Thohir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya