SOLOPOS.COM - Erina Gudono dan Kaesang bertemu Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. (Tangkapan layar Youtube Rans Entertainment)

Solopos.com, SOLO–Deretan public figure atau artis Tanah Air yang memiliki klub olahraga.

Pada masa sekarang, olahraga bukan sekadar mengolah raga. Olahraga sekarang sudah menjadi industri. Ini lantaran olahraga diminati sebagian besar masyarakat, tak hanya di Indonesia tetapi masyarakat di berbagai belahan bumi.

Promosi Selamat Datang Kesatria Bengawan Solo, Kembalikan Kedigdayaan Bhineka Solo

Sepak bola merupakan olahraga yang paling populer di dunia. Sepak bola selalu menjadi pembicaraan orang setiap hari.

Di Indonesia, sepak bola telah berkembang pesat dari waktu ke waktu, baik sepak level bawah hingga level tertinggi Liga 1. Perhatian masyarakat di semua lapisan terhadap sepak bola sangat besar.

Selain sepak bola, futsal dan basket juga menjadi olahraga yang populer di Tanah Air. Keberlangsungan kompetisi olahraga-olahraga tersebut berdampak besar bagi ekonomi masyarakat. Karena, di mana ada keramaian di situ ada perputaran uang.

Hal inilah yang membuat sederet public figure Tanah Air memiliki klub olahraga, seperti sepak bola, futsal, dan basket.  Mereka mendirikan atau membeli saham klub, selain untuk kepentingan ekonomi juga untuk memajukan olahraga.

Berikut sederat public figure atau artis Indonesia yang memiliki klub olahraga berdasar informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (7/7/2023):

Raffi Ahmad

Perusahaan artis tajir Raffi Ahmad, Rans Entertaiment, mengakuisisi klub Liga 2 yakni Cilegon FC. Raffi Ahmad menggandeng pebisnis mobil mewah, Rudy Salim, untuk mengakuisisi klub tersebut.

Kemudian Raffi Ahmad melakukan rebranding klub tersebut menjadi Rans Cilegon FC. Kemudian, Raffi Ahmad merekrut banyak pemain bintang untuk mendongkrak performa tim agar mampu menembus Liga 1.

Benar saja, Rans Cilegon FC setelah dipegang Raffi Ahmad mampu lolos ke babak final Liga 1 2021 melawan Persis Solo.

Meski akhirnya kalah 1-2, Rans Cilegon FC tetap berhak mendapat tiket promosi ke Liga 1. Pada musim 2022/2023 lalu, klub Raffi Ahmad itu itu berganti nama menjadi Rans Nusantara FC.

Selain klub sepak bola, Raffi Ahmad juga memiliki klub basket yakni Rans PIK Basketball. Raffi Ahmad mendirikan klub basket itu pada 2021 bersama Rudy Salim dan Dito Ariotedjo yang kini menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Rans PIK Basketball berlaga di Indonesian Basketball League (IBL).

Kaesang Pangarep

Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep, merupakan pemilik saham mayoritas Persis Solo yakni sebesar 40%.

Dia mengakuisisi Persis Solo yang berlaga di Liga 2 dengan menggandeng Menteri BUMN Erick Thohir dan Kevin Nugroho pada 20 Maret 2021.

Erick Thohir memegang 20% dan Kevin Nugroho 30% saham Persis Solo. Sedangkan, 10% saham digenggam 26 klub internal Persis Solo.

Setelah dipegang Kaesang, Persis berhasil mendapatkan banyak sponsor besar meliputi Free Fire, Aladin, Gurih, Vidio, ID Express, Wilmar International, dan GoJek.

Dengan modal yang besar, Kaesang mampu membeli pemain-pemain bintang, seperti Ferdinand Sinaga, Sandi Sute, Fabiano Beltrame, Marinus Manewar, hingga Beto Goncalves.

Skuad Laskar Sambernya langsung mampu juara Liga 2 pada 2021 seusai mengalahkan Rans Nusantara FC di babak final dengan skor 2-1.

Persis Solo menjadi kontestan Liga 1 mulai musim 2022/2023 yang saat itu finis di posisi ke-10 klasemen akhir.

Prilly Lacuconsina

Artis Prilly Lacuconsina merupakan pemilik klub sepak bola Persikota Tangerang. Dengan adanya Prilly, para suporter Persikota Tangerang berharap klub akan menjadi tim yang dapat berprestasi.

Pemain film itu juga bertekad membuktikan Persikota Tangerang akan mampu bersaing dengan tim-tim di Liga 3 dan mampu promosi ke kasta kompetisi yang lebih tinggi.

Gilang Widya Permana

Gilang Widya Pramana atau Juragan 99 membeli sebagian saham kontestan Liga 1 Arema FC kemudian menjadi presiden klub. Perkara yang mudah bagi Gilang menjadi pemilik Arema FC lantaran memiliki kekayaan melimpah.

Dia bersama istrinya, Shandy Purnamasari, merupakan pemilik bisnis kecantikan MS Glow. Di bawah bendera J99, keduanya diketahui gurita bisnis, mulai dari kosmetik, konveksi, hingga otomotif.

Sederet bisnisnya mulai dari MS Glow Beauty, Kosme Mask, Juragan 99 Trans, Juragan99XAR, Harilab, J99 Vape, J99 Aviation, Kosametika Global Indonesia dan Juragan Garment.



Lalu, setelah terjadi Tragedi Kanjuruhan yang mengakibatkan 135 orang meninggal dunia pada 2022 lalu, Gilang mundur dari posisinya sebagai presiden klub,

Gading Martin

Pada Desember 2021 Gading Martin dan Prilly Lacutonsina dikabarkan menjadi pemilik Persikota Tangerang. Namun, setelah itu Gading Martin justru diangkat menjadi Vice President Marketing Persik Kediri, kontestan Liga 1.

Sebagai public figure, Gading diharapkan mampu menarik minat para investor atau sponsor untuk bergabung ke Persik Kediri

Klub yang bermarkas di Stadion Brawijaya Kediri ini berharap kehadiran Gading Martin dapat membawa Persik Kediri kembali berprestasi di Liga Indonesia.

Pada musim lalu, Persik Kediri sempat terseok-seok di awal Liga 1 tetapi Persik Kediri dapat bangkit dipertengahan musim

Atta Halilintar

Atta Halilintar adalah Youtuber dengan salah satu subscriber terbanyak di Indonesia. Dia memilik klub sepak bola bernama AHHA PS Pati.

Baru-baru ini Atta me-rebranding nama klub tersebut menjadi FC Bekasi menggandeng Putra Siregar sang merupakan juragan smartphone.

Bukan hanya klub sepak bola, Atta juga mempunyai klub futsal profesional yang bernama Pendekar United.

Tak tanggung-tanggung, pada 2022 Atta mendatangkan salah satu pemain futsal terbaik di dunia, Ricardinho, pemain berkebangsaan Portugal untuk memperkuat tim futsalnya.

Demikian deretan publick figure atau artis yang memiliki klub olahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya