SOLOPOS.COM - Salah satu olahraga neyeleneh sekaligus ekstrem, extreme ironing. (Instragram/claudyaaar).

Solopos.com, SOLOSepak bola, badminton, dan voli lazim dipertandingkan atau dimainkan masyarakat, tetapi ada lo olahraga yang tak tak biasa atau nyeleneh di dunia ini. Berikut deretan olahraga nyeleneh yang dimainkan sebagian masyarakat di negara-negara tertentu.

Masyarakat Tanah Air tentu sudah mengetahui olahraga sepak bola, badminton atau bulu tangkis, voli, pingpong, dan lainnya.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Itu lantaran olahraga-olahraga tersebut populer sehingga dikenal masyarakat lapisan bawah sekalipun. Selain dipertandingkan di tingkat nasional hingga tingkat dunia, olahraga itu juga dimainkan masyarakat di tingkat rukun tetangga (RT) atau desa.

Namun, ternyata ada olahraga yang tak lazim atau bahkan sama sekali belim dikenal masyarakat Indonesia. Sebab, olahraga-olahraga itu hanya dimainkan sebagian orang di negara-negara tertentu. Olahraga itu bisa dikatakan nyeleneh karena tak biasa bagi kebanyakan orang.

Berikut deretan olahraga nyeleneh yang dimainkan di negara-negara tertentu berdasar informasi yang dihimpun Solopos.com dari sejumlah sumber, Minggu (13/8/2023).

1. Gulat Minyak

Gulat minyak merupakan olahraga nasional dari negara Turki. Satu tahun sekali acara ini diadakan di dalam skala besar pada Juni. Gulat minyak merupakan bagian dari festival yang dimulai pada 1357 untuk merayakan kemenangan Ottoman.

2. Poohstick

Olahraga nyeleneh lainnya adalah Poohstick. Itu merupakan olahraga yang ada di buku Winnie the Pooh karangan A. A. Milne. Olahraga di Inggris ini biasanya dimainkan di jembatan yang di bawahnya ada sungai.

Setiap pemain menjatuhkan tongkat di sisi hulu jembatan. Bagi tongkatnya yang muncul pertama kali di sisi hilir maka ia keluar menjadi juaranya.

3. Balap Kasur

Olahraga nyeleneh selanjutnya balapan kasur. Olahraga itu merupakan olahraga yang dilakukan oleh orang -orang Kota Knaresborough di Yorkshire Utara, Inggris.

Balapan pertama digelar pada 1965 hanya terbuka untuk anggota Angkatan Darat, Marinir, dan Marinir Amerika. Namun, sekarang kompetisi digelar secara terbuka untuk umum. Para peserta loma terdiri atas lima tim.

4. Extreme Ironing

Olahraga nyeleneh berikutnya adalah extreme ironing. Olahraga  tesebut cukup berbahaya dan membutuhkan keterampilan. Olahraga ini dimainkan masyarakat Inggris. Peserta yang memainkan ini harus berselancar mengambil papan setrika yang di atasnya terdapat baju dan setrika.

Pengambilan papan setrika terbilang ekstrem seperti di bawah air, tergantung di tebing, dan di kendaraan.
Peserta juga harus membawa papan tersebut dengan hati-hati agar baju yang berada di papan masih tertata rapi.

5. Chess Boxing (tinju catur)

Olahraga nyeleneh lainnya adalah chess boxing. Itu merupakan olahraga yang menggabungkan catur dan tinju. Olahraga ini diciptakan oleh seniman dan pembuat film Prancis Enki Bilal dalam buku komiknya Froid Équateur pada tahun 1992 dan populer di Inggris, India, dan Rusia.

Cara bermaiannya, peserta memainkan catur dan tinju secara bergantian. Permainan catur berlangsungs setiap satu putaran tinju.

Untuk menentukan pertandingan ini harus menunggu sekakmat atau KO. Pertandingan ini berlangsung hingga belasan putaran, dimulai dengan putaran catur empat menit dan dilanjutkan dengan dua menit tinju.

Demikian deretan olahraga nyeleneh yang dimainkan sebagian orang di negara tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya