SOLOPOS.COM - Kontingen Asian Para Games 2023 Indonesia berfoto bersama Menpora Dito Ariotedjo dan CdM NPC Asian Para Games 2023 Indonesia, China Angela Tanoesoedibjo, saat pelepasan di Balai Kota Solo, Sabtu (14/10/2023). (Solopos.com/Ichsan Kholif Rahman)

Solopos.com, SOLO – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo dan CdM NPC Asian Para Games 2023, Angela Tanoesoedibjo mengukuhkan sekaligus melepas 130 atlet Asian Para Games 2023 di Balai Kota Solo, Sabtu (14/10/2023).

Indonesia mengincar posisi 10 besar Asian Para Games 2023 yang akan berlangsung pada 22-28 Oktober 2023.

Promosi Tragedi Simon dan Asa Shin Tae-yong di Piala Asia 2023

Sebelum pelepasan dilakukan terdapat sejumlah prosesi seperti pembacaan janji atlet, penciuman bendera Merah Putih oleh perwakilan atlet dan pembacaan Surat Keputusan (SK) atlet.

CdM Asian Para Games Hangzhou, Angela Tanoesoedibjo mengatakan Indonesia menargetkan 19 emas di Asian Para Games. Indonesia menerjunkan 130 atlet dari 12 cabang olahraga (cabor).

“Targetkan 19 emas dengn peringkat 10 besar. Untuk perak kami targetkan 23 perak, 25 perunggu,” kata Angela.

Menpora Dito Ariotedjo mengatakan perjuangan para atlet penyandang disabilitas ini bukan hanya untuk mendapatkan medali. Melainkan juga perjuangan sejati dalam mengubah dan melawan diskriminasi terhadap kelompok disabilitas yang terjadi di berbagai sektor. 

Berangkat dari hal ini, Menpora menyatakan pihaknya di Kemenpora selalu bersedia pasang badan untuk memperjuangkan para atlet penyandang disabilitas. Salah satunya melalui ajang olahraga yang inklusif dan ekosistem industri nasional yang juga menjadi lebih inklusif. 

“Maka dari itu dengan penuh kebanggaan saya menyambut kontingen Asian Para Games Indonesia yang saya yakin hari ini dipenuhi semangat dan tekad yang membara. Siap berjuang untuk meraih podium tertinggi di ajang olahraga terbesar se-Asia,” tutur Menpora Dito.

Menurutnya para atlet bukan hanya perwakilan Negara Indonesia tetapi juga perwakilan terbaik dari Asia Tenggara. Pasalnya Indonesia sudah tiga kali menjadi juara umum dalam pesta olahraga para se-Asia Tenggara, Asean Para Games.

“Kalian di sana sudah sebagai perwakilan nomor satu dari Asia Tenggara, jadi harus pede, yakin, mental enggak boleh drop,” kata Menpora memberi semangat kepada pada atlet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya