SOLOPOS.COM - Pelatih Shin Tae-yong optimistis Timnas Indonesia bisa tampil mengejutkan di Grup D Piala Asia 2023 yang bakal dimulai 12 Januari 2024 mendatang. (PSSI)

Solopos.com, SOLO — Sukses mengantarkan Timnas Garuda mencetak sejarah lolos fase grup Piala Asia Qatar 2023, Shin Tae-yong (STY) mendapat tawaran melatih di klub luar Indonesia.

Namun Shin Tae-yong memastikan tetap menyelesaikan kontraknya bersama Timnas Indonesia yang bakal berakhir Juni 2024 mendatang.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Ia juga membuka peluang melatih di Indonesia jika mendapat tawaran dari PSSI.

Pemaparan itu disampaikan Shin Tae-yong saat diwawancarai media asal Korea Selatan, Sports Kyunghyang Shinmun, setelah Indonesia memastikan lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia Qatar 2023 beberapa hari lalu.

“Saya menerima tawaran itu sekitar sepekan yang lalu. Saya seharusnya tidak lagi melatih di Asia Tenggara,” kata Shin dikutip dari Sports Kyunghyang Shinmun, Selasa (30/1/2024).

Meski begitu, Shin Tae-yong mengatakan masih menghormati kontraknya bersama Timnas Indonesia yang berlaku hingga Juni tahun ini.

Ia juga menyebut masih fokus dengan Timnas Indonesia.

“Ada pembicaraan untuk memperbarui kontrak, dan saya bisa saja membayar denda [kalau mau putus kontrak] dan pergi ke tempat lain. Namun untuk saat ini, saya akan menepati janji saya untuk meneruskan masa kontrak dengan Indonesia hingga Juni 2024,” lanjut Shin.

Shin Tae-yong sebenarnya masih memiliki satu turnamen lagi bersama Timnas Indonesia U-23 yang akan bergulir mulai 15 April hingga Mei 2024.

Meski begitu, dikutip dari Bisnis.com, Ketua PSSI Erick Thohir sayangnya tak membawa berita baik kepada suporter Indonesia yang masih berharap STY tetap melatih timnas.

Ia sebelumnya mengatakan keberhasilan Timnas Indonesia melaju ke babak 16 besar Piala Asia kali ini tak menjamin perpanjangan kontrak Shin.

“Kan ada dua waktu itu. Satu target dari tim nasional senior lolos 16 besar maksud saya. Lalu, juga untuk Timnas U-23 lolos fase grup [Piala Asia]. Jadi masih ada PR tambahan. Dan, sama-sama kita jaga profesionalisme,” ujar Erick kepada wartawan di Jakarta, Jumat (26/1/2024).

Shin masih akan memimpin Timnas U-23 di Piala Asia U-23 pada April mendatang.

Skuad Garuda Muda tergabung di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Yordania, dan Australia.

Namun tak menutup kemungkinan STY masih bisa tetap berada di Indonesia hingga 2027, apabila negosiasi berjalan lancar.

“Kalau prestasinya bagus, ya kami duduk untuk negosiasi sampai 2027. Sudah, tadi sudah ngomong sampai Juni. Kalau performanya bagus, sampai 2027,” tutur Menteri BUMN tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya