SOLOPOS.COM - Ketua DPR Puan Maharani di Islamic Center Bindara Saod Sumenep, Madura, Jawa Timur, Senin (22/1/2024). (ANTARA/HO-PDIP)

Solopos.com, JAKARTA —  Dua pemain Thom Jan Haye dan Ragnar Oratmangoen terancam tak bisa memperkuat Timnas Indonesia dalam laga melawan Vietnam pada 21 Maret mendatang.

Dokumen persetujuan naturalisasi kedua pemain asal Belanda itu terganjal tanda tangan dari Ketua DPR Puan Maharani.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Karena dokumen belum ditandatangani Puan, Thom Haye dan Oratmangoen yang sudah tiba di Indonesia sejak Senin (13/3/2024) belum bisa diambil sumpah menjadi WNI.

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo dan Ketua Umum PSSI Erick Thohir terus berkoordinasi dengan DPR agar dokumen itu secepatnya ditandatangani.

“Semoga hari ini Ibu Puan bisa tanda tangan. Setelah itu langsung diproses ke Keppres (Keputusan Presiden) dan pelantikan,” kata Dito seperti dikutip Solopos.com dari Antara.

Tom Haye yang dijuluki profesor bermain untuk SC Heerenveen di liga utama Belanda.

Ia memiliki darah Indonesia dari kakeknya yang berasal dari Sulawesi dan neneknya dari Solo.

Sedangkan Ragnar yang berposisi sebagai penyerang Fortuna Sittard di liga Belanda dengan status pinjaman dari Groningen, memiliki darah Indonesia dari kakeknya yang asal Maluku.

Dito menambahkan, setelah dokumen tersebut ditandatangani, Presiden Joko Widodo selanjutnya menerbitkan keputusan presiden sehingga kedua pemain dapat mengangkat sumpah menjadi WNI dan didaftarkan ke FIFA.

Dito mengatakan, waktu pendaftaran pemain ke FIFA juga dibatasi sehingga Kemenpora dan PSSI mengupayakan proses naturalisasi mereka segera tuntas.

“FIFA itu kan ada batas waktu ya, Kalau enggak salah tanggal 18, tadi Pak Erick bilang, kalau enggak salah ya, jadi lagi dikejar (proses naturalisasi) hari ini,” pungkasnya.

Tom Haye dan Ragnar Oeratmangoen adalah dua dari 28 pemain yang dipanggil pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong untuk dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua melawan Vietnam di Stadion GBK di Jakarta pada 21 Maret dan Stadion My Dinh di Hanoi pada 26 Maret.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya