SOLOPOS.COM - Pelatih baru Rans Nusantara FC Rodrigo Santana memberikan penjelasan kepada pemain. (Liga Indonesia Baru)

Solopos.com, SOLO—Fakta menarik tentang tim kontestan Liga 1 musim 2023/2024 terkait transfer pemain.

Kompetisi sepak bola Indonesia kasta tertinggi, BRI Liga 1 musim 2023/2024 secara resmi mulai bergulir besok, Sabtu (1/7/2023).

Promosi 204,8 Juta Suara Diperebutkan, Jawa adalah Kunci

Seperti musim sebelumnya, Liga 1 musim ini diikuti 18 tim. PSM Makassar berstatus sebagai juara bertahan setelah pada musim lalu keluar sebagai juara.

Seluruh tim sudah menyelesaikan transfer pemain dan siap melakoni pertandingan demi pertandingan dengan sistem kandang dan tandang.

Terdapat fakta menarik yang dicatatkan tim-tim kontestan Liga 1 musim ini terkait transfer pemain yang dilakukan selama jendela transfer dibuka.

Dikutip dari laman Transfermarkt, transfermarkt.co.id, Jumat (30/6/2023), Rans Nusantara FC adalah tim yang melakukan perombakan pemain paling besar.

Klub milik artis Raffi Ahmad itu merekrut dan melepas pemain paling banyak dibanding 17 tim kontestan Liga 1 2023/2024 lainnya.

Tim yang pada musim 2022/2023 lalu menjadi juru kunci klasemen akhir itu tercatat merekrut 21 pemain dan melepas 22 pemain.

Rans Nusantara mendatangkan sejumlah pemain dari tim-tim besar Tanah Air, seperti Dallen Doke PSM Makassar. Selain itu KH Yudo dari Arema FC dan Rabbani Tasnim dari Borneo FC.

Rans juga merekrut lima pemain asing yang empat di antaranya dari Portugal, sedangkan satu pemain asing lainnya dari Filipina.

Nilai pasaran pemain asing yang didatangkan Rans Nusantara paling tinggi mencapai Rp3,48 miliar.

Sementara, pemain yang dilepas Rans Nusantara seperti Bagaskara dan Ady Setiawan yang kini keduanya membela Dewa United, Edo Febriansyah yang kini merumput bersama Persib Bandung, dan Ikhsanul Zikrak saat ini bermain di Borneo FC.

Tim lain yang juga melakukan perombakan besar dalam menghadapi Liga 1 musim 2023/2024 adalah Arema FC. Klub yang bermarkas di Malang, Jawa Timur itu memboyong 18 pemain baru dan melepas sembilan pemain lama.

Arema merekrut pemain dari tim-tim besar Indonesia seperti Ginanjar dan Achmad Syarif keduanya dari Persija Jakarta. Arema juga mengisi enam slot atau jatah pemain asing. Mereka berasal dari Argentina, Republik Kongo, Mali, Brasil, dan Timor Leste.

Secara keseluruhan semua kontestan Liga 1 2023/2024 tercatat mendatangkan 166 pemain dan melepas 207 pemain. Total pemain yang datang ke klub baru dan pergi dari klub yang dibelanya sebanyak 373 pemain.

Demikian ulasan fakta menarik soal tim Liga 1 2023/2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya