SOLOPOS.COM - Sejumlah pesepak bola timnas Indonesia melakukan latihan di Lapangan Al Egla 2, Usail, Qatar, Rabu (17/1/2024). Timnas Indonesia akan bertanding melawan timnas Vietnam pada pertandingan kedua grup D Piala Asia 2023 di Qatar pada Jumat (19/1/2024). ANTARAFOTO/Yusran Uccang/wpa.

Solopos.com, SOLO — Pertandingan kedua Timnas Indonesia di laga kedua Grup D Piala Asia 2023 Qatar mengandung misi Shin Tae-yong untuk memutus kutukan tak pernah menang melawan Vietnam.

Dalam enam kali pertandingan terakhir kedua tim, Vietnam tak terkalahkan.

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Vietnam empat kali menang dan dua kali imbang melawan Skuad Garuda.

Berikut dokumentasi Solopos.com fakta menarik jelang pertemuan Timnas Indonesia vs Vietnam, Kamis (18/1/2024):

1. Kedua tim sudah bertemu sebanyak 27 kali di semua kompetisi, masing-masing meraih 8 kemenangan dan 11 laga berakhir imbang.

2. Vietnam tidak terkalahkan dalam enam pertemuan terakhir melawan Timnas Indonesia.

3. Indonesia tidak pernah menang dalam enam pertandingan internasional terakhir, terdiri atas lima kali kalah dan sekali imbang.

4. Vietnam juga hanya menang sekali dalam tujuh pertandingan terakhir. Satu-satunya kemenangan adalah ketika mengalahkan Filipina di Kualifikasi Piala Dunia.

5. Philippe Troussier punya kenangan buruk kala bertemu Timnas Indonesia di Piala Asia. Terakhir kali bertemu, ia dipecat Timnas Qatar pasca dikalahkan Timnas Indonesia dengan skor 2-1 di Piala Asia 2004.

6. Shin Tae-yong belum pernah menang melawan Vietnam, rekornya adalah tiga kali imbang dan satu kali kalah.

7. Kedua tim kalah di laga pembuka Piala Asia 2023 Qatar dengan agregat dua gol.

Partai Hidup Mati

Laga hidup mati akan tersaji di pekan kedua Piala Asia 2023 Qatar ketika dua wakil Asia Tenggara, Indonesia dan Vietnam, akan saling bertemu di Abdullah bin Khalifa Stadium, Jumat (19/1/2024).

Indonesia dan Vietnam sama-sama terluka. Pada laga pembuka, Indonesia takluk 1-3 dari Irak sedangkan Vitenam menyerah dengan skor 2-4 dari Jepang.

Jika salah satu dari kedua tim kalah, dipastikan akan angkat koper dari Qatar sedangkan pemenang di laga ini memelihara peluang untuk lolos.

Namun jika berakhir imbang, kedua tim akan sangat sulit lolos ke babak selanjutnya mengingat lawan berat yang dihadapi di laga terakhir.

Di laga pamungkas, Indonesia akan berhadapan dengan tim terkuat Asia, Jepang sedangkan Vietnam menjamu Irak.

Menariknya, rekor pertemuan kedua negara di berbagai kompetisi sama kuat sejauh ini.

Perkiraan susunan pemain

Timnas Indonesia (3-5-2)/(5-3-2)

Ernando Ari; Jordi Amat, Shayne Pattynama, Elkan Baggott; Asnawi Mangkualam, Sandy Walsh, Ivar Jenner, Pratama Arhan, Yakob Sayuri;  Marselino Ferdinan, Rafael Struick

Pelatih: Shin Tae-yong

Vietnam (3-5-2)

Flip Nguyen; Phan Tuan Tai, Bui Hoang Viet Anh, Nguyen Thanh Binh; Vo Min Trong, Nguyen Tuan Anh, Nguyen Tai Sonh, Pham Xuan Manh; Nguyen Dinh Bac, Do Hung Dung; Pham Tuan Hai

Pelatih: Philippe Troussier

Head to head

Kualifikasi Piala Dunia 2022, 15 Oktober 2019:  Indonesia 1-3 Vietnam



Kualifikasi Piala Dunia 2022, 7 Juni 2021: Vietnam 4-0 Indonesia

Piala AFF, 15 Desember 2021:  Indonesia vs Vietnam

Piala AFF, 6 Januari 2023: Indonesia 0-0 Vietnam

Piala AFF, 9 Januari 2023: Vietnam 2-0 Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya