SOLOPOS.COM - Para pemain Timnas INdonesia berlatih di Doha, Qatar menjelang laga uji coba melawan Iran pada Selasa (9/1/2024). (pssi.org)

Solopos.com, SOLO – Timnas Indonesia akan menjalani ujian perdana di Piala Asia 2023 saat menghadapi Irak, Senin (15/1/2024) di  Ahmed bin Ali Stadium, Qatar. Ini adalah pertemuan kedua dalam kurun waktu kurang dari enam bulan bagi kedua tim.

Di pertemuan pertama tepatnya pada Kualifikasi Piala Dunia 2026, Irak menang telak 5-1 dari Timnas Indonesia. Gol dari Bashar Rasan, Osama Rashid, Youssef Amyn dan Ali Al Hamadi serta satu gol bunuh diri dari Jordi Amat hanya mampu dibalas oleh gol dari Shayne Pattynama di injury time babak pertama.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Kepercayaan publik terhadap kualitas Timnas Indonesia juga tidak begitu baik setelah tidak pernah menang dalam tiga kali laga uji coba. Tim asuhan Shin Tae-yong dua kali kalah lawan Libya dan sekali kalah melawan Iran. Catatannya Timnas Indonesia hanya satu kali mencetak gol dan kebobolan 11 gol.

Shin Tae-yong mengakui bahwa di atas kertas, Irak lebih diunggulkan meraih kemenangan. Bahkan, secara peringkat FIFA pun, kedua tim terpaut cukup jauh.

“Timnas Indonesia sudah siap menghadapi Irak besok. Saya setuju bahwa ada selisih ranking yang sangat besar antara Irak dan Indonesia. Tentu saja, kemampuan kami juga berbeda (dengan Irak), semua orang tahu itu dan saya harus mengakuinya,” kata Shin Tae-yong dikutip dari laman resmi PSSI.

“Kami akan menunjukan performa yang lebih baik. Saya tidak bisa berbicara hasil akhir nanti, tapi kalian bisa berharap lebih dibandingkan pertemuan pertama (lawan Irak di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia). Tim kita masih sangat muda. Kami adalah tim (dengan rata-rata usia) termuda di grup kami dan relatif lebih lemah. Namun, tetap saya bisa katakan bahwa tim kami punya potensial dan kami sedang mencoba membangun, bukan hanya performa, tetapi juga kepercayaan diri,” tambahnya.

Meski begitu, optimisme juga tetap hadir setelah Asnawi Mangkualam dinyatakan siap untuk diturunkan saat melawan Irak. Kepercayaan diri juga dikatakan oleh gelandang metronom belia, Ivar Jenner yang meyakini, Timnas Indonesia bisa berbicara banyak di Piala Asia. Ivar berpotensi untuk saling berhadapan dengan rekan satu timnya di FC Utrecht yang membela Irak, yakni Zidane Iqbal.

“Ya, dia teman saya. Saya bermain dengan dia di tim yang sama, di Utrecht. Saya pikir dia pemain yang berbahaya. Tapi, saya (bermain di posisi) nomor 6, dan dia di nomor 10. Jadi, kita lihat saja. Dia melontarkan candaan tentang permainan, karena dia menang, dan saya kalah. Jadi, sekarang giliran kami untuk menang dari Irak,” ucap Ivar.

Sedangkan Irak juga berangkat bukan tanpa masalah. Tim asuhan Jesus Casas ini dinilai bermain terlalu bertahan, sehingga menyia-nyiakan talenta lini serang Timnas Irak. Di laga uji coba terakhir, Irak harus menelan kekalahan 0-1 dari Korea Selatan Di New York University Stadium. Menariknya, ini adalah satu-satunya uji coba Timnas Irak jelang Piala Asia.

Meskipun begitu, Timnas Irak juga tidak bisa dipandang sebelah mata, momentum di kualifikasi Piala Dunia tentu berusaha dipertahankan Ali Al Hamadi dan kawan-kawan di Piala Asia nanti. Ambisi meraih gelar kedua mereka di kompetisi tertinggi antar negara di Asia ini, tentu menjadi motivasi tersendiri bagi Singa Mesopotamia ini.

Irak juga berangkat ke Qatar dengan sejumlah pemain muda, seperti Merchas Doski (23, Slovácko), Hussein Ali (21, Heerenveen), Youssef Amyn (20, Eintracht Braunschweig), Ali Al-Hamadi (21, AFC Wimbledon),  Zidane Iqbal (20, Utrecht) dan Amin Al-Hamawi (19, Helsingborg). 

 

Perkiraan Susunan Pemain

Indonesia (3-5-2)

Ernando Ari; Jordi Amat, Elkan Baggott, Justin Hubner; Asnawi Mangkualam, Ivar Jenner, Sandy Walsh, Yance Sayuri; Marselino Ferdinan; Rafael Strucik, Ramadhan Sananta

Pelatih Shin Tae-yong

Irak (4-2-1-3)

Jalal Hasan; Hussein Ali, Saad Natiq, Ali Adnan, Merchas Doski; Osama Rashid, Ibrahim Bayesh, Amir Al-Ammari; Zidane Iqbal; Montader Madjed, Ali Jasim

Pelatih: Jesus Casas

Head to head

17 Juli 1977, Merdeka Tournament

Irak vs Indonesia, 2-0

17 Juli 1978, Merdeka Tournament

Indonesia vs Irak, 0-4

Uji Coba, 26 November 1996

Indonesia vs Irak, 0-4

19 November 2013, Pra Piala Asia



Indonesia vs Irak, 0-2

16 November 2023, Kualifikasi Piala Dunia

Irak vs Indonesia 5-1

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya