SOLOPOS.COM - Filipina menghidupkan peluangke semifinal Piala AFF U-19 setelah mengalahkan Timor Leste dengan skor 2-0 di di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Sabtu (20/7/2024). (Istimewa/aseanfootball)

Solopos.com, SURABAYA — Filipina yang menelan kekalahan 6-0 di laga pertama melawan Indonesia, mampu bangkit dengan menaklukkan Timor Leste dalam pertandingan kedua Grup A Piala AFF U-19 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Sabtu (20/7/2024).

Kekalahan di laga pertama tidak menyurutkan semangat pemain Filipina. Hal ini mereka tunjukkan dengan dominasi permainan sepanjang pertandingan di laga kedua. Kemenangan 2-0 pun mereka raih atas Timor Leste.

Promosi Liga 1 2023/2024 Dekati Akhir, Krisis Striker Lokal Sampai Kapan?

Penyerang Filipina, Banatao Otu Abang, memborong dua gol dalam pertandingan ini.

Gol pertama Abang dicetak pada menit 11. Abang menerima umpan dari Justin Moya, kemudian mengeksekusinya dengan sundulan. Bola masuk dengan mudah ke sisi kanan gawang Timor Leste.

Gol pertama ini meningkatkan kepercayaan diri para pemain Filipina. Tim asuhan Josep Ferre mampu membangun pertahanan solid dan membangun serangan agresif.

Tekanan Filipina membuat Timor Leste bermain bertahan sepanjang babak pertama. Secara penguasaan bola, Timor Leste masih belum mampu mengungguli Filipina. Serangan yang mereka bangun belum solid dan dapat dipatahkan.

Gol kedua Abang dicetak pada menit 60.

Pemain dengan nomor punggung 7 ini memanfaatkan kesalahan gelandang Timor Leste, Zenedine Michael Dewata Davidson Lopez, yang gagal membuang bola ke depan dengan sundulannya.

Tendangan datar Abang menembus penjagaan kiper Alexandre Lima dan masuk ke gawang Timor Leste.

Pada babak kedua, Timor Leste masih mengalami kebuntuan dalam menciptakan serangan. Tim asuhan Eduardo Pereira ini sempat mendapat peluang pada menit 76 dan 88, tetapi masih belum berbuah gol.

Skor 2-0 bertahan hingga akhir pertandingan.

Kemenangan ini membawa Filipina ke posisi ketiga grup A untuk sementara dengan meraih 3 poin dan memperkecil selisih gol menjadi -4.

Timor Leste yang mendapat 3 poin pada pertandingan sebelumnya, menaklukkan Kamboja dengan skor 3-2, masih berada di posisi kedua untuk sementara. Mereka masih unggul selisih gol atas Filipina.

Meski belum mampu mendapat posisi dua teratas namun kemenangan ini membuka peluang Filipina untuk bersaing di Grup A.

Klasemen Sementara Grup A AFF U-19 2024

1. Indonesia 3
2. Timor Leste 3
3. Filipina 3
4. Kamboja 0

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya