SOLOPOS.COM - Pemain timnas U-23 Indonesia Ivar Jenner (kanan) melakukan selebrasi setelah mencetak gol saat melawan Turkmenistan pada laga kedua Grup K kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan Solo, Selasa (12/9/2023) malam. Indonesia menang 2-0. (Instagram/timnas.indonesia).

Solopos.com, SOLO–Timnas U-23 Indonesia memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 di Qatar seusai menaklukkan Turkmenistan 2-0 pada laga kedua Gruk K babak kualifikasi di Stadion Manahan Solo, Selasa (12/9/2023) malam.

Ini merupakan sejarah baru bagi timnas U-23 yang kali pertama berhasil menembus putara final Piala Asia U-23 2024. Garuda Muda menyusul timnas senior yang lebih dulu melaju ke putaran final Piala Asia 2024.

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

Timnas U-23 memuncaki klasemen Grup K dengan torehan enam poin. Turkmenistan di posisi kedua dengan tiga poin hasil dari kemenangan 4-0 melawan China Taipei (Taiwan).

Sedangkan, China Taipei menjadi juru kunci tanpa memperoleh poin karena kalah di dua pertandingan. Sebelumnya, Indonesia membantai China Taipei dengan skor 9-0.

Ini juga merupakan prestasi cemerlang pelatih Shin Tae-yong. Juru taktik asal Korea Selatan itu sukses membawa timnas senior dan U-23 melenggang ke level Asia. Prestasi yang belum pernah dicapai pelatih timnas Indonesia sebelumnya.

Gol skuad asuhan Shin Tae-yong diciptakan Ivar Jenner pada menit ke-40 melalui tendangan keras dari luar kotak penalti. Sedangkan, gol kedua dicetak Pratama Arhan pada menit 90+3 lewat sundulan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Ketua Umum PSSI Erick Thohir, keluar Presiden, dan pejabat lainnya yang menyaksikan secara langsung di stadion berjingkrak menyambut gol-gol Indonesia.

Babak pertama dimulai. Belum satu menit berjalan pendukung Indonesia dibuat degdegan saat Elkan Baggott melakukan kesalahan oper bola di lini belakang.

Bola operannya justru mengarah kepada pemain depan Turkmenistan. Pemain lawan langsung membawa bola ke dalam kotak penalti.

Sebelum mencapai garis kotak penalti pemain Turkmenistan buru-buru melakukan tembakan. Beruntung, kiper Ernando Ari dapat menangkapnya dengan mudah.

Selanjutnya skuad Garuda mengambil inisiatif serangan, tetapi kandas di lini pertahanan Turkmenistan.  Kedua tim bermain terbuka. Pertandingan berlangsung ketat. Indonesia menguasai permainan.

Indonesia mendapat peluang emas pada menit 26 melalui skema tendangan sudut. Sayang, bola tendangan Rafael Struick di situasi kemelut di depan gawang Turkmenistan masih dapat dibendung pemain lawan.

Rafael Struick kembali memperoleh peluang dari skema yang sama pada menit 30, tetapi kembali dapat digagalkan pemain belakang Turkmenistan.

Akhirnya Indonesia memecah kebuntuan pada menit 40. Ivar Jenner menciptakan gol melalui tendangan keras dari luar kotak penalti setelah menerima umpan.

Bola dari tendangan kerasnya membentur kepala pemain belakang Turkmenistan lalu berbelok meluncur ke gawang.

Kiper Turkmenistan Ahalley Rustem yang sudah mati langkah tak dapat mengantisipasinya dan gol pun tercipta. Skor 1-0 untuk keunggulan sementara Indonesia. Hingga babak pertama usai skor 1-0 tetap bertahan.

Selepas jeda istirahat, Turkmenistan langsung menekan dari sisi kanan pertahanan Indonesia, tetapi serangan tak memberi ancaman berarti.

Setelah mendapat tekanan, Indonesia mengatur tempo permainan. Ivar Jenner mengalirkan bola dengan baik. Umpan-umpannya matang.

Pada menit 51 Indonesia mendapatkan peluang. Rafael Struick menguasai bola di kotak penalti. Sayang, dia akhirnya kehilangan bola karena terlalu lama membawa bola.

Turkmenistan membangun serangan dari tengah pada menit 57 tetapi dapat dikandaskan pertahanan yang dikawal Rizky Ridho dan Elkan Baggott.

Hingga akhir babak kedua Indonesia mendominasi permainan. Pratama Arhan dan kolega terus memborbardir pertahanan Turkmenistan. Namun, peluang demi peluang yang tercipta belum mampu berbuah gol.

Setelah serangan demi serangan yang dilancarkan, Indonesia akhirnya memperbesar keunggulan menjelang pertandingan bubar, tepatnya pada menit 90+3 lewat gol sundulan Pratama Arhan.

Pemain Tokyo Verdy itu memanfaatkan bola di udara yang mengarah kepadanya. Pratama yang berdiri cukup bebas menceploskan bola ke gawang dengan mudah melalui sundulan mengingat posisi kiper Turkmenistan jauh dari posisinya.

Skor 2-0 untuk kemenangan Indonesia bertahan hingga pertandingan usai. Hasil ini Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia U-23 di Qatar tahun depan.



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya