SOLOPOS.COM - Timnas Indonesia yang bertanding di Asian Games Hangzhou China 2022 yang digelar September-Oktober 2023. (Istimewa/pssi.org).

Solopos.com, SOLO–Indonesia di luar dugaan dipaksa menyerah 0-1 dari China Taipei (Taiwan) pada laga kedua Grup F Asian Games Hangzhou China 2022 yang digelar, Kamis (21/9/2023).

Timnas Indonesia gagal memenuhi ekspektasi publik sepak bola Indonesia yang optimistis Indonesia bisa meraih kemenangan atas Taiwan.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Terang saja, pada pertemuan kedua tim sebelumnya, Indonesia membantai Taiwan 9-0 pada laga kualifikasi Piala Asia U-23 2024 yang digelar di Stadion Manahan Solo, beberapa waktu lalu.

Ditambah lagi Taiwan kalah 0-2 dari Korea Utara (Korut) pada laga pertama mereka di fase Grup F Asian Games Hangzhou, Selasa (19/9/2022) lalu.

Atas kondisi itu publik sepak bola Tanah Air optimistis Indonesia bisa menang besar lagi atas Taiwan.

Namun, jangankan membantai Taiwan, skuad asuhan Indra Sjafri menang pun tidak. Bahkan, skuad Garuda malah kalah 0-1.

Lantas bagaimana peluang Indonesia lolos ke babak 16 besar Asian Games Hangzhou setelah kalah? Berikut hitung-hitungannya.

Kekalahan yang dialami timnas U-24 tak otomatis menutup peluang lolos ke babak selanjutnya. Indonesia masih memiliki peluang lolos, tetapi memang tak mudah.

Setelah kalah dari Taiwan, Indonesia menduduki peringkat dua klasemen sementara dengan torehan tiga poin. Peringkat pertama ditempati Korea Utara (Korut) yang masih akan bermain melawan Kirgizstan, malam nanti.

Taiwan yang baru saja menang menempati urutan ketiga meski sama-sama memperolah poin tiga. Itu lantaran Taiwan yang pada laga pertama kalah 0-2 dari Korut kalah dalam produktivitas gol dengan Indonesia (Taiwan -1 dan Indonesia +1)

Sedangkan, Kirgizstan menjadi juru kunci karena pada pertandingan pertama kalah 0-2 melawan Indonesia.

Berdasar ketentuan format kompetisi, ada tiga syarat peserta bisa lolos ke babak 16 besar meliputi menjadi juara grup (enam tim), runner up (enam tim), dan peringkat ketiga terbaik (empat tim).

Dengan asumsi Korut yang pada grup ini merupakan tim kuat, menang melawan Kirgizstan, Indonesia tetap akan menghuni peringkat dua. Sementara, Korut semakin kokoh di puncak.

Selanjutnya, Indonesia harus menang melawan Korut pada laga ketiga, Minggu (24/9/2023) mendatang jika ingin memastikan diri lolos dari jalur juara grup atau runner up (tergantung hasil pertandingan).

Apabila Kirgizstan menang melawan Korut pada laga kedua mereka, seluruh tim akan memiliki poin tiga. Dengan demikian, peringkat klasemen ditentukan hasil pertandingan dan poin disiplin.

Pada kondisi tersebut, Indonesia juga harus menang melawan Korut pada laga terakhir untuk mengamankan peringkat agar lolos ke 16 besar melalui jalur yang tersedia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya