SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum PSSI Erick Thohir (ketiga kanan), Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kedua kanan), dan Ketua MPR Bambang Soesatyo (kanan) merayakan keberhasilan timnas Indonesia membobol gawang Ekuador pada babak penyisihan Grup A Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (10/11/2023). (Antara/Dhemas Reviyanto)

Solopos.com, SURABAYA – Timnas Indonesia mengawali kiprah di Piala Dunia U-17 2023 dengan hasil gemilang. Tim asuhan Bima Sakti itu sukses menahan raksasa Amerika Latin, Ekuador, dengan skor 1-1 pada laga pembuka Grup A Piala Dunia U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo, Jumat (10/11/2023).

Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, langsung memberi apresiasi tersendiri kepada timnas Indonesia U-17.

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Jokowi mengapresiasi kerja keras para pemain Indonesia yang tampil mengejutkan di laga pembuka Piala Dunia U-17. Jokowi menuturkan timnas menunjukkan performa maksimal meski ranking di FIFA sangat jauh di bawah Ekuador.

Menurut Jokowi keberhasilan TImnas mendapat satu poin sudah sangat bagus. Apalagi, timnas mendapat tekanan selama 20 menit terakhir.

Ekuador berkali-kali mengancam pertahanan lawan. Namun kiper Al Giffari Ikram dari PPLP Sumbar selalu berhasil melakukan penyelamatan gemilang.

“Dengan hasil ini kita sudah mendapat satu poin. Itu harus diapresiasi karena peringkat Indonesia dan Ekuador terpaut jatuh. Yang satu 38 yang satu 145,” ujar Jokowi sesuai laga, Jumat (10/11/2023) malam WIB.

hasil timnas indonesia di piala dunia u-17
Presiden Joko Widodo bersama Presiden FIFA Gianni Infantino (kedua kiri), Ketua Umum PSSI Erick Thohir (kanan), dan Ketua Komisi Wasit Federasi sepak bola dunia (FIFA) Pierluigi Collina (kiri) menyaksikan pertandingan Timnas Indonesia melawan Timnas Ekuador di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (10/11/2023). (Antara/Dhemas Reviyanto)

Sementara itu, Ketua Umum, PSSI Erick Thohir, juga mengapresiasi perjuangan Arkhan Kaka dan kawan-kawan. Menurut Erick semangat Hari Pahlawan yang tepat jatuh hari ini di kota pahlawan menjadi inspirasi untuk mencetak sejarah.

“Alhamdulillah tepat di Hari Pahlawan dan stadion yang memakai nama Bung Tomo, anak-anak menunjukkan semangat tak mau kalah,” ujar Erick dikutip Solopos.com dari keterangan resmi Tim Kominfo.

“Hari bersejarah ini alhamdulillah kita meraih hasil yang bersejarah bagi sepak bola Indonesia yang merebut poin pertamanya di Piala Dunia,” kata Erick.

Ia menilai dukungan para pendukung timnas, termasuk Presiden Jokowi yang hadir langsung mampu membakar semangat pemain timnas U-17.

Menurut Erick hal ini merupakan kebanggaan karena timnas mampu tampil baik di laga yang disorot dan disaksikan tokoh sepak bola dunia.

“Terima kasih atas dukungan para suporter termasuk Presiden Jokowi yang telah menjadi pemain ke-12 bagi timnas. Hari ini kita buktikan kepada dunia Indonesia bisa! Sekali lagi terima kasih,” ujar Erick.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya