SOLOPOS.COM - Carlo Ancelotti. (Instagram/mrancelotti)

Solopos.com, JAKARTA–Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti resmi akan mengarsiteki tim nasional Brasil pada 2024. Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF) mengonfirmasi hal tersebut.

Dikutip dari Antara yang melansir AFP, Kamis (6/7/2023), Ancelotti yang masih memiliki setahun tersisa pada kontraknya di Real Madrid merasa terhormat bakal menjadi pelatih Tim Samba. Dia akan melatih Neimar dan kawan-kawan saat berlangsungnya Piala Amerika di AS pada Juni 2024.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Sebelumnya, CBF pernah mengumumkan pelatih klub Fluminense Fernando Diniz akan melatih timnas untuk setahun mendatang.

“Orang ini [Diniz] merupakan pelatih dengan gaya yang bagus untuk dimainkan. Gaya bermainnya serupa dengan pelatih yang diasumsikan akan mengisi posisinya di Piala Amerika, Ancelotti,” kata presiden CBF Ednaldo Rodriguez.

Brasil akan menginginkan salah satu pelatih tersukses di sepak bola Eropa itu untuk mengantarkan trofi Piala Dunia keenam mereka pada 2026 mendatang.

Jika berhasil, itu akan menjadi pertama kalinya Brasil kembali menjuarai Piala Dunia setelah kesuksesan mereka pada 2002 silam.

Piala Dunia 2022 Qatar berakhir pahit bagi Brasil, terutama setelah mereka disingkirkan Kroasia pada semifinal dan kemudian rival abadinya Argentina menjadi juara.

Sosok yang tepat

Kesepakatan Ancelotti untuk melatih Brasil terwujud setelah berbulan-bulan negosiasi dengan Rodriguez, yang telah meletakkan pria Italia tersebut dalam daftar prioritas pelatih untuk direkrut.

Ancelotti pernah mengatakan Real akan menjadi klub terakhir yang dilatihnya setelah hampir 30 tahun menjadi pelatih, namun salah satu pekerjaan paling menantang di sepak bola telah membuatnya berubah pikiran.

Para pengurus CBF mengatakan mereka bukan hanya tertarik pada koleksi trofi Ancelotti, namun juga oleh karakternya yang santai dan kemampuan mengembangkan hubungan yang dekat dengan para pemain.

“Kami menginginkan dia bukan hanya karena rekornya, namun juga karena ia sosok yang tepat. Mereka yang pernah bekerja dengan dia mengatakan ia adalah orang yang terbuka, berbudaya, dan mengapresiasi sepak bola Brasil,” kata Rodriguez.

Di timnas Brasil, Ancelotti memiliki sejumlah wajah yang familiar dengannya di Real Madrid. Vinicius Junior, Rodrygo, dan Eder Militao merupakan pemain-pemain kunci pada masa kepelatihan terakhirnya di Real  yang menghasilkan enam trofi.

“Ia merupakan pelatih terbaik di dunia,” kata Vinicius. Pesepakbola Brasil itu telah banyak berkembang di bawah asuhan Ancelotti dan membangun hubungan erat dengan sang pelatih. Ancelotti juga banyak mendukung Vinicius saat sang pemain terkena pelecehan rasial pada musim lalu.

Ancelotti akan menjadi pelatih non-Brasil keempat yang mengarsiteki Tim Samba. Terakhir kali Brasil memiliki pelatih asing saat mereka dipimpin oleh Filpo Nunez asal Argentina yang hanya melatih timnas untuk satu pertandingan pada 1965.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya