SOLOPOS.COM - Pesepakbola Timnas Indonesia Pratama Arhan (kedua dari kanan) berseleberasi usai berhasil mencetak gol ke gawang Turkmenistan pada pertandingan Grup K kualifikasi Piala Asia U-23 2024 di Stadion Manahan, Solo, Selasa (12/9/2023). (Solopos/Joseph Howi Widodo)

Solopos.com, SOLO–Sebanyak 16 tim, termasuk Indonesia, sudah memastikan diri ke putaran final Piala Asia U-23 Qatar, 15 April-3 Mei 2024 mendatang, berikut daftar negara yang lolos ke Piala Asia U-23.

Timnas U-23 Indonesia memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 Qatar setelah menjadi juara Grup K dengan torehan enam poin di fase kualifikasi.

Promosi Iwan Fals, Cuaca Panas dan Konsistensi Menanam Sejuta Pohon

Pada laga penentuan, skuad Garuda Muda menumbangkan Turkmenistan dengan skor 2-0 di Stadion Manahan Solo, Selasa (12/9/2023) malam. Dua gol Indonesia dicetak oleh Ivar Jenner menit ke-40 dan Pratama Arhan pada menit 90+3. Daftar negara yang lolos ke Piala Asia U-23 bisa dicek di akhir artikel.

Sebelumnya, Indonesia menghajar China Taipie 9-0. Indonesia menjadi tim paling produktif di Grup K dengan mengoleksi 11 gol tanpa sekalipun kebobolan.

Sebelum dipastikan lolos, sebanyak 42 tim di Asia berebut 15 tiket ke putaran final melalui fase kualifikasi berbasis grup, 6-12 September.

Qatar sebagai tuan rumah Piala Asia U-23 2024 otomatis mendapat jatah di putaran final. Negara yang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022 lalu itu akan menemani 15 daftar negara yang lolos ke Piala Asia U-23 lainnya. Sebanyak 15 negara itu terdiri atas 11 juara grup dan empat runner up terbaik.

Vietnam lebih dulu lolos sebelum Indonesia. Itu setelah skuad The Golden Star setelah menyelesaikan matchday kedua pada 9 September dan menjadi juara Grup C. Setelah itu, 14 negara lainnya baru dipastikan lolos setelah melokoni matchday ketiga Selasa lalu.

Tim di Asia Tenggara yang lolos sebagai juara grup adalah Indonesia, Thailand, dan Vietnam. Sedangkan, wakil Asia Tenggara yang lolos lewat jalur runner up terbaik adalah Malaysia.

Perhitungan runner up terbaik ditentukan berdasarkan perolehan poin, selisih gol, produktivitas, tingkat sportivitas atau poin disiplin, dan drawing.

Berikut daftar negara yang lolos Piala Asia U-23:

Slot tuan rumah:

  1. Qatar

Slot juara grup:

  1. Jordania (juara Grup A)
  2. Korea Selatan (juara Grup B)
  3. Vietnam (juara Grup C)
  4. Jepang (juara Grup D)
  5. Uzbekistan (juara Grup E)
  6. Irak (juara Grup F)
  7. Uni Emirat Arab/UEA (juara Grup G)
  8. Thailand (juara Grup H)
  9. Australia (juara Grup I)
  10. Arab Saudi (juara Grup J)
  11. Indonesia (juara Grup K)

Slot runner up terbaik:

  1. Kuwait (runner up terbaik I)
  2. Tajikistan (runner up terbaik II)
  3. China (runner up terbaik III)
  4. Malaysia (runner up terbaik IV)

Itulah daftar negara yang lolos ke Piala Asia U-23.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya