SOLOPOS.COM - Maskot dan logo Piala Dunia U-17 2023 Indonesia.

Solopos.com, SOLOIndonesia selaku tuan rumah secara otomatis bakal berpartisipasi di fase grup Piala Dunia U-17  2023, berikut penjelasan tentang format kompetisinya.

Siapa saja lawan Indonsia yang akan dihadapi di fase grup Piala Dunia U-17 segera diketahui. Pengundian grup akan digelar di Zurich, Swiss, Jumat (15/9/2023) pukul 21.00 WIB nanti.

Promosi Alarm Bahaya Partai Hijau di Pemilu 2024

Lantas bagaimana format kompetisi Piala Dunia U-17 nanti? Begini penjelasannya. Dikutip dari laman resmi PSSI, pssi.org, Jumat (15/9/2023), Piala Dunia U-17 2023 diikuti 24 kontestan, termasuk Indonesia selaku tuan rumah secara otomatis mendapat tempat di fase grup.

Negara kontestan Piala Dunia U-17 terdiri atas lima wakil Asia yakni Indonesia, Iran, Jepang, Korea Selatan, dan Uzbekistan. Selain itu empat wakil Afrika yakni Burkina Faso, Mali, Maroko, dan Senegal; empat wakil Amerika Utara dan Karibia yakni Kanada, Meksiko, Panama, dan Amerika Serikat.

Lainnya empat wakil Amerika Selatan yaitu Argentina, Brazil, Ekuador, dan Venezuela; dua wakil Oseania yakni Kaledonia Baru dan Selandia Baru, serta lima wakil Eropa yakni Inggris, Prancis, Jerman, Polandia, dan Spanyol.

Kecuali Indonesia, para kontestan sebelumnya melalui babak kualifikasi di konfederasi masing-masing. Nantinya, 24 tim itu akan dibagi ke dalam enam grup, dari Grup A hingga Grup F, dengan setiap grup berisi empat tim.

Dua tim yang mengakhiri fase grup di posisi dua besar (juara dan runner up) di setiap grup akan lolos ke babak 16 besar. Mereka berpeluang terus melaju sejauh mungkin setelah melaju dari babak grup. Selain itu, empat tim penghuni peringkat tiga terbaik juga akan lolos ke babak 16 besar.

Nantinya, akan dibuat semacam klasemen terpisah bagi para penghuni posisi tiga klasemen akhir babak grup. Tiga terbaik yang berhak ke babak 16 besar itu ditentukan berdasar catatan poin, selisih gol, dan atau fair play terbaik.

Mulai babak 16 besar, pertandingan akan menggunakan sistem gugur atau knockout. Pemenanga pertandingan langsung lolos ke babak selanjutnya. Sistem itu digunakan hingga final.

Persaingan turnamen edisi kali ini bisa dibilang sangat ketat. Negara-negara elite sepak bola dunia seperti Brasil, Argentina, Jerman, Prancis, Inggris, dan Spanyol ambil bagian. Jangan lupakan juga negara-negara yang punya sejarah bagus pada turnamen usia muda seperti Jepang, Meksiko, Senegal, dan Mali.

FIFA resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 pada Jumat (23/6/2023) lalu. Ajang prestisius satu ini akan dilaksanakan pada 10 November hingga 2 Desember 2023. Piala Dunia U-17 2023 sedianya berlangsung di Peru. Namun, negara Amerika Selatan tersebut mundur karena ketidaksiapan infrastruktur.

Seluruh pertandingan Piala Dunia U-23 akan digelar di empat stadion di Pulau Jawa, meliputi Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), dan Jakarta International Stadium (Jakarta) yang notabene sempat disiapkan sebagai venue Piala Dunia U-20.

Itulah penjelasan tentang format kompetisi di Piala Dunia U-17 2023 Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya