SOLOPOS.COM - Anthony Sinisuka Ginting (Istimewa/Tim Humas dan Media PP PBSI)

Solopos.com, JAKARTA–Tunggal putra bulu tangkis Indonesia Anthony Sinisuka Ginting mengatakan persiapan mental yang lebih matang menjadi kuncinya memenangkan pertandingan pertamanya di nomor perseorangan Asian Games Hangzhou 2023, Selasa (3/10/2023)

“Kemarin ada 2-3 hari [setelah nomor beregu putra], kami untuk kembali menyiapkan segala sesuatunya, bukan hanya latihan teknik tapi juga fokusnya, mentalnya, dan mood-nya,” kata Ginting melalui keterangan PP PBSI dikutip dari Antara, seusai laga.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Ginting berhasil lolos ke babak selanjutnya setelah menang atas wakil Taiwan Wang Tzu Wei dengan skor 21-16 dan 21-11 di pertandingan pertamanya hari ini. Pebulutangkis nomor dua dunia itu sebelumnya mendapatkan bye sehingga langsung ke putaran kedua atau babak 32 besar.

Ginting yang turun sebagai unggulan pertama pada Asian Games edisi ke-19 itu mengaku hanya fokus dan tenang dalam menerapkan strategi yang sudah ia susun bersama pelatih dan tim.

“Hari ini coba langsung fokus menerapkan dan mematangkan strategi yang sudah dirancang dari sebelum bertanding. Dan kami berdua sudah sering bertemu juga jadi kurang lebih sudah tahu kelemahan dan kelebihan masing-masing,” kata Ginting.

Saat disinggung mengenai apakah kekalahan tim beregu Indonesia beberapa waktu lalu memengaruhinya di nomor individu, Ginting tidak ingin membuat hal tersebut menjadi beban yang berlarut-larut.

“Saya dan tim kan sudah terbiasa mengikuti turnamen back to back, jadi ketika di turnamen pertama hasilnya kurang memuaskan harus cepat-cepat move on di turnamen berikutnya,” ucap Ginting.

“Kalau saya pribadi tidak terlalu terganggu dengan kekalahan di beregu karena saya tahu semua sudah mencoba yang terbaik,” imbuhnya.

Ia pun tak menampik persiapan tim di nomor beregu kurang maksimal. Namun, belajar dari hal itu Ginting bisa beradaptasi dan mempersiapkan diri lebih baik di nomor perseorangan.

“Dari pertandingan pertama di beregu kemarin jujur belum bisa terlalu in juga, dari pergerakan dan pukulan tidak senyaman hari ini. Hari ini mungkin karena sudah ada adaptasi dari sana, lebih enak mainnya. Semoga dari dua pertandingan ini, ke depan bisa lebih baik lagi,” imbuh dia.

Wakil Indonesia lainnya, Jonatan Christie akan menghadapi Chou Tien Chen (China Taipei) yang merupakan lawannya di partai final Asian Games 2018 lalu. Saat itu Jojo menang dan meraih medali emas. Jojo akan menjalani laga ke-7 di court 1, hari ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya