SOLOPOS.COM - Pesepak bola Timnas Indonesia Ramadhan Sananta (kanan) berselebrasi dengan rekannya Justin Hubner usai mencetak gol ke gawang Timnas Vietnam dalam laga keempat kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Selasa (26/3/2024). (Antara/HO-PSS)

Solopos.com, SOLO — Indonesia mencetak sejarah sebagai negara yang memperoleh poin dan peringkat terbanyak dari 209 anggota FIFA dalam FIFA Matchday Maret 2024.

Hasil ini didapatkan Merah Putih berkat kemenangan beruntun atas Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 tanggal 21 dan 26 Maret lalu.

Promosi Gonta Ganti Pelatih Timnas Bukan Solusi, PSSI!

Indonesia menjadi negara yang mendapatkan poin paling banyak di FIFA Matchday edisi Maret 2024, mengalahkan negara-negara kuat dalam tradisi sepak bola.

Ranking Indonesia juga melesat delapan tingkat dari 142 menjadi 134 dunia.

Dikutip Solopos.com dari laman resmi FIFA, ada dua sejarah yang dibuat oleh Timnas Garuda asuhan Shin Tae-yong.

Pertama, Indonesia menjadi negara yang mendapat poin terbanyak dalam FIFA Matchday edisi Maret 2024 dengan total 30,08 poin.

Tambahan poin itu didapatkan dari dua kali kemenangan atas musuh bebuyutan, Vietnam.

Seperti diketahui, selain mempunyai ranking jauh lebih tinggi dari Indonesia, Vietnam juga selalu menjadi momok bagi tim Garuda.

Sebelum mengalahkan Vietnam di Piala Asia 2023 pada Januari 2024 lalu, Indonesia selalu kalah dari The Golden Star sejak 2016.

Pesaing terdekat Timnas Indonesia dalam raihan poin edisi Maret 2024 adalah Georgia. Georgia mendapatkan 21,3 poin setelah menang atas Luksemburg dan Yunani di babak playoff UEFA Euro 2024.

Georgia kini menempati peringkat 75 FIFA.

Sejarah kedua, Indonesia menjadi negara dengan peningkatan ranking FIFA tertinggi.

Indonesia naik delapan tingkat yang merupakan tertinggi dari 209 negara anggota FIFA lain.

Pesaing terdekat Timnas Indonesia adalah Afghanistan yang naik tujuh posisi dari peringkat 158 ke 151 dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya