SOLOPOS.COM - Marselino Ferdinan dan Witan Sulaeman saat laga uji coba kontra Uni Emirat Arab di Dubai, belum lama ini. Garuda Muda siap menjalani laga debut di Piala Asia U-23 kontra tuan rumah Qatar, Senin (15/4/2024) malam WIB. (pssi.org)

Solopos.com, DOHA — Timnas Indonesia U-23 akan memulai debutnya di Piala Asia U-23 2024 menghadapi tuan rumah Qatar di Jassim Bin Hamad Stadium, Doha, Qatar, Senin (15/4/2024).

Indonesia yang berlaga tanpa dua pilar penting, Elkan Baggott dan Nathan Tjoe Aon, disebut sebagai kuda hitam karena berstatus sebagai debutan.

Promosi Pembunuhan Satu Keluarga, Kisah Dante dan Indikasi Psikopat

Bagi Garuda Muda, ini adalah kali pertama menembus turnamen Piala Asia U-23 dan langsung tergabung bersama Qatar, Australia dan Yordania di Grup A.

Berbeda dengan Timnas Indonesia U-23, ketiga negara lainnya di Grup A bahkan sudah memiliki sejarah apik di Piala Asia U-23.

Qatar adalah peringkat tiga di Piala Asia U-23 edisi sebelumnya sedangkan Australia meraihnya pada 2018 sedangkan Yordania jadi peringkat tiga pada 2013.

Tetapi hal tersebut tidak membuat Timnas Indonesia U-23 ciut menghadapi lawan-lawannya.

Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong membawa nama-nama yang sudah sangat familiar di tim senior.

Sebanyak 13 dari 23 pemain yang dibawa setidaknya pernah dipanggil bergabung ke Timnas Senior, bahkan 10 pemain di antaranya seperti seperti Ernando Ari, Pratama Arhan, Rizky Ridho, Justin Hubner, hingga Witan Sulaiman sudah memperkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Dalam jumpa pers sebelum pertandingan, Shin Tae-yong bertekad menampilkan yang terbaik.

Meskipun pelatih asal Korea Selatan ini mengatakan, persiapannya terganggu karena ada beberapa pemain tidak dilepas oleh klub atau terlambat bergabung.

“Ya di Grup A ada Qatar, Yordania dan Australia sangat kuat dan kompetititif. Mereka punya tim yang kuat di U-23, Sayangnya, turnamen ini tidak ada FIFA Calendar jadi persiapan kami sedikit tidak maksimal. Tapi kami bertekad tampil semaksimal mungkin di turnamen ini,” kata Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong mengatakan menghadapi Qatar yang berstatus tuan rumah tidak akan mudah bagi Timnas Indonesia U-23.

Meski begitu, ia sudah meminta kepada pemainnya agar bisa bermain lepas dan tidak terbebani saat melawan Qatar.

“Qatar adalah tuan rumah dan tidak akan mudah, Qatar, dari 2019 mereka selalu mendapatkan piala secara berkelanjutan. Tim U-123 mereka juga bagus. Melawan mereka, saya menanamkan kepercayaan diri kepada para pemain dan tidak memberikan beban agar bisa bermain lepas,” tambah Shin Tae-yong.

Ia juga menjelaskan kondisi Justin Hubner yang baru akan bergabung pasca tanggal 17 April dari Crezo Osaka.

Shin Tae-yong memastikan Elkann Baggott tidak akan bergabung bersama Timnas Indonesia U-23  di Piala Asia U-23 kali ini.

“Ada beberapa pemain yang belum bergabung, tapi masih ada kemungkinan bergabung di Timnas senior. Memang sangat disayangkan, tapi ketika mereka bergabung, tim kami akan lebih baik dan akan bisa menyatu dengan pemain lain. Untuk Elkan memang tidak akan bergabung, itu juga sangat disayangkan,” ulasnya.

Melawan tuan rumah, ada beberapa pemain yang wajib diwaspadai Timnas Indonesia U-23.

Mereka adalah Mosatafa Meshaal, Tameem Al Abdullah dan Jassem Gaber. Ketiga pemain ini akan sangat merepotkan lini belakang Timnas Indonesia U-23.

Tameem Al Abdullah kemungkinan akan menjadi juru gedor utama Qatar U-23 di Piala Asia U-23 kali ini.
Pengalamannya bersama tim senior dan sudah bermain di Gold Cup 2023, membuatnya jadi andalan tim asuhan Ilidio Vale.

Selain itu ada Jassem Gaber, gelandang bertahan punya kemampuan menyeimbangkan lini tengah dan kemampuan memanfaatkan bola mati.

Terkini, golnya ke gawang Iran mengantarkan Qatar ke Piala Asia 2022 ke final dan menjadi juara.

Sedangkan Mostafa Meshaal juga tidak wajib diwaspadai. Gelandang Al Sadd ini sudah menjadi andalan di tim senior dan turut membawa Qatar menjadi juara Piala Asia awal tahun ini.

Perkiraan susunan pemain

Qatar (4-2-3-1)



Yousef Abdulla Baliadeh; Saifeldeen Fadlalla, Abdulla Al-Ali, Abdulrahman Rashid, Abdalla Yousif; Youssef Mohamed Ali, Jassem Gaber.;  Mostafa Meshaal, Abdullah Badr Al-Yazidi, Khalid Ali Sabah; Tameem Al-Abdullah

Pelatih: Ilidio Vale

Timnas Indonesia U-23 (3-4-3)

Ernando Ari; Rizky Ridho, Kakang Rudianto, Rio Fahmi; Witan Sulaiman, Ivar Jenner, Arkhan Kaka, Pratama Arhan; Marselino Ferdinan, Rafael Struick, Dony Tri Pamungkas

Pelatih: Shin Tae-yong

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya